Foto IG: Rukmandadias, Penyerahan penghargaan dari kemendikbud untuk SMK N 1 Wonosobo sebagai sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan UN (Senin,11/01/16) 


WONOSOBOZONE - Tidak kurang dari 6.891 pelajar SLTA di Wonosobo, direncanakan akan mengikuti Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2015/2016, yang digelar mulai Senin, 4 April sampai Rabu, 6 April untuk SMA sederajat, dan 4 sampai 7 April untuk SMK sederajat, bagi UN yang memakai sistem lembar kertas ujian, dan Senin, 4 April sampai Selasa, 12 April, bagi UN berbasis komputer. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Samsul Ma’arif, di kantornya, Jum’at, 1 April.

Dari jumlah tersebut, rinciannya, untuk SMA sederajat 2.882 pelajar, terdiri dari pelajar laki-laki 1.173 orang dan pelajar perempuan 1.710 orang. Kemudian untuk SMK sederajat sejumlah 3.483 pelajar, meliputi 1.940 pelajar laki-laki dan 1.543 pelajar perempuan. Dan untuk Paket C sejumlah 526 orang, meliputi 328 laki-laki dan 198 perempuan.

Sedangkan untuk rincian berdasar sekolah, dari jumlah 6891, untuk SMA Negeri diikuti 1372 pelajar dari 9 sekolah, meliputi 560 pelajar laki-laki dan 812 pelajar perempuan. Untuk SMA swasta diikuti 860 pelajar dari 8 sekolah, meliputi 360 pelajar laki-laki dan 500 pelajar perempuan. Selanjutnya, dari SMK Negeri diikuti 1.659 pelajar dari 7 sekolah, meliputi 906 pelajar laki-laki dan 753 pelajar perempuan. Untuk SMK swasta diikuti 1.824 pelajar dari 21 sekolah, meliputi 1.034 pelajar laki-laki dan 790 pelajar perempuan. Sedangkan dari MA Negeri diikuti 508 pelajar dari 2 sekolah, meliputi 193 pelajar laki-laki dan 315 pelajar perempuan. Dan dari MA swasta diikuti 142 pelajar dari 8 sekolah, meliputi 59 pelajar laki-laki dan 83 pelajar perempuan. Sisanya berasal dari Paket C sejumlah 526 orang.

Sistem yang digunakan sendiri ada dua, yakni berbasis lembar kertas ujian dan komputer. Untuk sekolah yang memakai sistem lembar kertas ujian, bagi SMA sederajat, UN akan dimulai hari Senin, 4 April dan diakhiri hari Rabu, 6 April, dengan mata pelajaran berturut-turut Bahasa Indonesia untuk semua jenjang program, Kimia untuk program IPA, Geografi untuk program IPS dan Sastra Indonesia untuk program bahasa. Dilanjutkan keesokan harinya, Matematika untuk semua program, Biologi untuk program IPA, Sosiologi untuk program IPS dan Antropologi untuk program bahasa. Dan haru terakhir, Bahasa Inggris untuk semua program, Fisika untuk program IPA, Ekonomi untuk program IPS dan Bahasa Asing untuk program bahasa.

Bagi SMA progam keagamaan atau MA, mata pelajaran yang diujikan hampir sama, yakni berturut Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris untuk mata pelajaran utama. Mata pelajaran lain yang diujikan berturut-turut adalah Hadis, Fikih dan Tafsir bagi MA, sedang bagi Sekolah Menengah Agama Katholik adalah Kitab Suci, Doktrin Gereja Katholik dan Moral Kristiani, dan bagi Sekolah Menengah Theologi Kristen berturut-turut adalah Alkitab, Etika Kristen dan Sejarah Gereja. UN susulan bagi SMA sederajad rencananya akan digelar pada Senin, 11 April sampai 13 April.

Sedangkan bagi SMK sederajat, mata pelajaran yang diujikan hampir sama, yakni berturut-turut Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris, hanya ditambah Ujian Teori Kejuruan. Untuk Paket C sendiri mata pelajaran yang diujikan terbagi dalam dua program, IPS yang berturut-turut meliputi Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sosiologi, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Pendidikan Kewarganegaraan, serta program IPA yang berturut-turut meliputi, Bahasa Indonesia, Kimia, Matematika, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika dan Pendidikan Kewarganegaraan. UN susulan bagi SMK sederajad dan Paket C, rencananya akan digelar pada Senin, 11 April sampai 14 April.

Jumlah sekolah, ruang dan pengawas untuk sekolah yang memakai sistem berbasis lembar kerta ujian, untuk SMK sejumlah 27 sekolah, 3.047 pelajar, 177 ruang kelas dan 354 pengawas. Untuk SMA sejumlah 15 sekolah, 1.618 pelajar, 97 ruang kelas dan 194 pengawas. Untuk MA sejumlah 10 sekolah, 650 pelajar, 40 ruang kelas dan 80 pengawas dan untuk paket C sejumlah 15 lembaga pendidikan, 526 siswa, 33 ruang dan 66 pengawas.

Sementara untuk sekolah yang memakai sistem berbasi komputer, diikuti 3 sekolah, yakni SMA Negeri 1, SMA Muhammadiyah dan SMK Negeri 1 Wonosobo. Dengan jumlah peserta ujian 1.050 orang, dengan rincian 436 pelajar dari SMA dan 614 dari pelajar SMK. Adapun ruang yang digunakan sejumlah 11 ruang, masing-masing SMA 5 ruang dan SMK 6 ruang. Untuk jadwal mata pelajaran yang duijikan, sedikit agak berbeda dengan sekolah yang memakai sistem lembar kertas ujian, karena dalam sehari hanya ada satu mata pelajaran yang diujikan, sedang jumlah peserta yang bisa menempuh UN setiap harinya dibatasi oleh jumlah atau ketersediaan komputer di tiap sekolah. Dimulai dari tanggal 4 April yakni Bahasa Indonesia untuk SMA, dilanjutkan 5 April sesuai program jurusan, 6 April Matematika, 7 April sesuai program jurusan, 11 April sesuai program jurusan dan 12 April Bahasa Inggris. UN susulan tanggal 18 sampai 20 April. Sedang untuk SMK dimulai Bahasa Indonesia pada tanggal 4 April, disusul Matematika, Bahasa Inggris dan diakhir Teori Kejuruan pada tanggal 7 April. UN susulan akan diadakan pada tanggal 11 dan 12 April.

Sementara untuk kelulusan peserta didik sepenuhnya menjadi kewenangan masing-masing sekolah atau madrasah, termasuk dalam pembobotan nilai rapor dan nilai ujian sekolah atau madrasah. Meski demikian UN menjadi bagian tidak terpisahkan dari kelulusan pelajar, meski sudah tidak utama lagi, yang terbagi dalam 4 capaian kompetensi, yakni sangat baik untuk nilai 85 sampai 100, baik untuk nilai 70 sampai 85, cukup untuk nilai 55 sampai 70 dan kurang untuk nilai 0 sampai 55.


Syamsul menambahkan, untuk pengambilan naskah soal ujian nasional bagi sekolah yang memakai sistem lembar kertas ujian, akan dilakukan pada hari Jum;at, 1 April di Kudus, dan diperkirakan sampai ke Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo pada hari Sabtu, 2 April pukul 05.00 WIB. Dan setelah dilakukan pengecekan naskah, soal akan langsung didistribusikan ek sub rayon untuk penyimpanan lebih lanjut, dengan lokasi penyimpanan di SMA Negeri 2 untuk naskah soal ujian SMA/MA dan di SMK Negeri 2 Wonosobo untuk naskah soal ujian SMK dan Paket C. 

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top