WONOSOBOZONE - Terung belanda atau terong belanda adalah jenis tanaman anggota keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di BogorJawa Barat sejak tahun 1941. Di Indonesia terung ini mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang Belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama terung belanda, padahal buah tersebut berasal dari daerah Amazon diAmerika Latin.

Terong belanda ini tumbuh didaerah tropis yaitu didaerah yang bersuhu antara 20 hingga 27 derajat celsius. Tumbuh pada ketinggian 500 hingga 1000 meter diatas permukaan laut. Meskipun belum populer dikalangan masyarakat namun menurut para ahli kesehatan terung belanda memiliki manfaat untukmenyembuhkan berbagai penyakit.

Mencegah penyakit kanker dan jantung 
– kandungan lycopene mampu menetralisir radikal bebas yang menyababkan terjadinya penyakit  kanker dan jantung

Membantu memperbaiki sel-sel DNA yang rusak 
– terong belanda ini memiliki senyawa yang mampu memperbaki sel-sel DNA yang rusak

Sebagai antioksidan yang sangat baik 
memiliki kandungan antioksidan yang tinggi membuat terung belanda menjadi antioksidan yang sangat baik karena Vitamin A dalam betuk Beta-karoten merupakan zat aktif yang memiliki peran sebagai antioksidan. 

Meningkatkan kekebalan tubuh 
- Terong belanda yang kaya akan vitamin C, bisa membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan (kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit) sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Menjaga kesehatan mata 
– kandungan pro vitamin A yang tinggi dapat membantu menjaga kesehatan mata dan membantu mengobati penyakit mata seperti rabun

Membantu pertumbuhan tulang 
– kandungan berbagai macam mineral sangat baik untuk pertumbuhan tulang

Menyembuhkan sariawan dan panas dalam 
– kandungan vitamin C yang tinggi mampu membantu mengobati sariawan

Mengatasi sembelit 
– kandungan serat yang tinggi mampu melancarkan pencernaan

Mengobati penyakit maag 
– kandungan vitamin C dapat mengobati penyakit maag selain itu vitamin C ini juga mampu mengobati penyakit bisul.

Menurunkan berat badan 
bagi yang sedang menjalankan program diet, masukkan terung belanda ke dalam daftar makanan anda karena  terong belanda memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah kalori serta rendah lemak. Jadi, jika Anda lapar sementara ingin menurunkan berat badan, maka Anda dapat mengkonsumsi terong belanda. Ini merupakan jurus jitu untuk membantu proses diet.



manfaatbagus.com, id.wikipedia.org

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top