WONOSOBOZONE - Warga Dusun Banjaran, Desa Candiyasan, Kecamatan Kertek dibuat kalang kabut oleh datangnya angin puting beliung tengah hari bolong, Jum'at (1/4). Tak kurang dari 39 rumah warga mengalami kerusakan akibat sapuan puting beliung yang melanda hanya dalam hitungan menit itu. Marno, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo yang datang ke lokasi beberapa saat seusai bencana, menuturkan angin kencang di Banjaran tidak menimbulkan korban jiwa.

"Korban jiwa nihil, tapi 4 rumah warga rusak berat, 5 rumah rusak kategori sedang, dan 30 rumah rusak ringan," jelas Marno. Warga setempat yang rumahnya rusak parah, menurut Marno juga telah diungsikan sementara ke rumah kerabat terdekat yang lebih aman. Tak lama setelah kejadian, puluhan personel TNI dan Polri dari Koramil dan Polsek Kertek, serta beberapa petugas dari Kecamatan setempat juga datang membantu. "Warga langsung bergotong royong membersihkan puing-puing rumah tetangga dan berupaya membenahi kerusakan ringan," lanjut Darmono.

Kesigapan warga untuk bersama-sama saling membantu membenahi rumah yang rusak tersebut dibenarkan Plt Camat Kertek, Bandriyo. Menurut Bandriyo, akibat dari puting beliung yang melanda sekitar pukul 13.00 WIB tersebut, kerugian materi cukup banyak. "Diperkirakan kerugian materinya mencapai 100 Juta Rupiah, mengingat kerusakan di 4 rumah terhitung parah, sampai menerbangkan atap," terang Bandriyo. Kejadian musibah mendadak tersebut, menurutnya juga telah dilaporkan secara lisan kepada Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo, serta Dinas dan instansi terkait. "Laporan lebih rinci secara tertulis akan segera kami susulkan," tutup Bandriyo.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top