WONOSOBO ZONE - SMP Negeri 1 Wonosobo memiliki cara sendiri untuk meredakan stress siswa-siswinya setelah menjalani ujian tengah semester (UTS). Kalau biasanya mereka mengikuti class meeting dan beragam lomba kesenian, pada Jum’at (6/3) pihak sekolah memilih untuk menghibur mereka dengan wayang kulit. Tak sembarang wayang kulit, karena yang disajikan adalah wayang kulit dengan dalang cilik teman mereka sendiri. Galih Wahyu Sejati, dalang cilik terbaik Jawa Tengah, yang juga merupakan siswa kelas 7 SMP 1 diberi kesempatan menunjukkan kebolehannya memainkan pegalaran wayang kulit berjudul Gatotkaca Lahir.
Kepala SMP N 1 Wonosobo, Drs Parwanto MMPd menjelaskan, bahwa dipilihnya wayang kulit untuk menghibur para siswa adalah juga sebagai upaya nguri-uri budaya Jawa yang dikenal adiluhung dan sarat makna kehidupan. Tak hanya dalangnya yang berasal dari rekan sesama siswa, para wiyogo, alias pengiring gamelan juga merupakan siswa SMP 1 Wonosobo. Tak hanya wayang kulit, Parwanto juga menyebut pihak sekolah juga menggelar bazaar pakaian pantas pakai dan beragam jenis makanan lokal. Diharapkan, selain bisa meredam arus permainan modern yang kini sulit untuk dibendung, adanya inisiatif menggelar wayang kulit dan bazaar, akan menumbuhkan kembali kecintaan para siswa terhadap kebudayaan dan kesenian tradisional Jawa.
Harapan senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Drs One Andang Wardoyo MSi. Menurut Andang, adanya kreatifitas para siswa, terutama dalam berkesenian dan mengembangkan tradisi layak didukung. Meski orang tua harus rela mengeluarkan dana untuk mensupport kegiatan tersebut, Andang menyebut hal itu selayaknya disikapi dengan wajar. Dengan semakin tumbuhnya jiwa seni dan kecintaan pada tradisi Jawa yang adiluhung, Andang meyakini, hal itu akan berimbas positif pada karakter para siswa, sehingga kelak mampu tumbuh sebagai generasi penerus bangsa.


wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top