WONOSOBO ZONE - Nasib malang yang menimpa Ngilman, warga Kebrengan, Mojotengah yang menderita kelumpuhan sejak lahir, menarik perhatian Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo SH SSos MSi. Pemuda 29 Tahun putra pasangan Sobirin-Salbiah tersebut, menurut Agus bisa diusulkan untuk mengikuti pelatihan keterampilan bagi para difabel, di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Daerah (BBRSD), Dr Soeharso, Surakarta. Dinas Sosial, dikatakan Agus akan segera menyiapkan fasilitasi untuk Ngilman, agar sesegera mungkin bisa mendapatkan pelatihan di BBRSD. Diharapkan, dengan mengikuti pelatihan di BBRSD, kondisi Ngilman yang kini juga merasa minder dan takut bergaul bisa sembuh, serta mampu hidup mandiri di masa-masa mendatang.
Ketika mendatangi Ngilman di rumahnya, Senin (9/3), Agus yang datang bersama Kades Kebrengan, Sofyan, dan TKSK Mojotengah Tri Purwanto, menjelaskan bahwa sebenarnya Dinsos telah memberikan atensi atas kondisi Ngilman. Pada Tahun 2014 lalu, melalui Dana Asistensi Sosial, Ngilman menerima bantuan sebesar 1,8 Juta Rupiah. Untuk tahun 2015 ini pun, Agus mengaku dana asistensi sosial juga masih dianggarkan untuk para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Namun demi masa depan Ngilman, Agus mendorong agar pemuda yang belum pernah merasakan bangku sekolah tersebut bisa mandiri, dengan mengikuti pelatihan khusus bagi para penderita kecacatan sepertinya.
Motivasi Kadinsos tersebut disambut hangat ayah kandung Ngilman, Sobirin. Apabila memang memungkinkan dan Ngilman setuju untuk dikirim ke Barehsos, Sobirin mengaku rela berpisah dengan anaknya untuk sementara waktu. Sobirin sendiri mengakui, berat merawat Ngilman dengan kondisi ekonomi keluarga yang masih seperti sekarang. Selain ditinggal istri merantau untuk mencari rezeki, Sobirin juga harus bekerja sebagai buruh serabutan di sawah tetangga. Hal itu masih ditambah dengan upayanya menjual pakaian bekas pakai, yang memaksanya harus meniggalkan Ngilman sendirian di rumah. Secara jujur, Sobirin mangaku ingin melihat anaknya bisa sembuh dan memiliki kemandirian selayak pemuda seusianya.


wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top