WONOSOBOZONE - Wonosobo Heritage (WH) mengunjungi rumah kuno milik Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kab. Wonosobo, Agus Purnomo, untuk menginventarisir barang-barang bersejarah seperti keris, piring, guci, mangkok, foto-foto jaman kuno, radio kuno. Diperkirakan koleksi barang pusaka tersebut ada yang berusia 1860 an. Bahkan rumah joglo yg dihuni Agus didirikan 170 Tahun yang lalu.

"Barang-barang peninggalan bersejarah perlu dilestarikan, sekaligus sebagai bahan studi pelacakan peradaban masa lalu, jangan sampai anak cucu kita ditinggali sejarah yang tidak mempunyai makna dan bukti," Jelas Agus Purnomo disela pemantauan Wonosobo Herritage di rumahnya, Sabtu sore (21/5). Agus mengaku beberapa benda pusaka yang dimiliki merupakan peninggalan turun temurun keluarganya.

Sementara, Hedi Tri Esanda, anggota WH mengatakan kekagumannya ketika mengunjungi kediaman Agus. "Saya kagum dengan apa yang saya temukan di Rumah bapak Agus, namun saya juga merasa sedih ketika melihat beberapa benda pusaka yang tampak tidak dirawat," Ucap Hedi.

Selain itu, menurut Hedi apabila terjadi korosi terhadap benda pusaka yang berbahan besi bisa mengurangi nilai keutuhan benda pusaka tersebut. "Kami akan membantu untuk merawat kembali benda bersejarah ini, agar warisan budaya tetap eksis, sehingga bisa kita lestarikan untuk anak dan cucu kita," Pungkas Hedi.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top