WONOSOBOZONE - Slogan dua anak cukup sangat ditekankan oleh BKKBN Provinsi Drs. Aan Supardan S.Sos MA kepada ratusan peserta Jambore PIK Remaja yang ke-6 dan Kemah Bhakti Pramuka Saka Kencana Tingkat Kabupaten Wonosobo dalam penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba, Pergaulan bebas dan HIV/AIDS, yang digelar selama 3 hari, Jumat-Minggu, 11-13 September 2015.

“Cukup dua anak saja, baik itu anak laki-laki maupun perempuan, yang penting anaknya dua. Dengan dua anak, selain mengikuti aturan pemerintah juga sedikitnya bisa men-sejahterakan keluarga anda sendiri”, Ungkap Aan Supardan.

Aan juga menghimbau agar menghindari narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS, karena hal itu bisa merusak generasi bangsa. “Berkembangnya sebuah bangsa, ditentukan oleh generasi muda, karena generasi muda adalah masa depan bangsa”, Pungkas Aan Supardan saat mengakhiri Penyuluhan.

Selaras dengan hal tersebut, Pembina Forum Ramaja Wonosobo (FRW), Drs, Triyatna Agus Nugraha MM mengatakan bahwa akan terus membina PIK Remaja untuk menjadi kader yang handal agar bisa mengajak orang sekitarnya melakukan hal-hal positif, sekaligus bisa melebarkan sayapnya dalam pembentukan PIK baru. “Jambore ini merupakan salah satu media PIK se-Kabupaten untuk berkumpul, dan melakukan kegiatan hal-hal yang positif, berbagi ilmu dan pengalaman, serta melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti penyuluhan KB, Seks bebas, Narkoba, dan HIV/AIDS ke warga sekitar”. Jelas Triyatna.

Selain itu, Triyatna mengaku dilematis terhadap UU no. 1 tahun 1974 yang berisi tentang aturan menikah untuk wanita diperbolehkan apabila sudah berumur 16 tahun. “UU no. 1 tahun 1974  bertolak belakang dengan kesehatan reproduksi yang dianjurkan menikah untuk wanita minimal 21 tahun”, Tegas Triyatna pada saat diwawancara. Namun hal itu tidak menjadi surut semangat FRW dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi atau Tupoksi FRW.

Sementara, salah satu peserta jambore, Jani Arisanto mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti kegiatan yang setiap tahun diadakan ini. Jani berharap, kegiatan ini bisa rutin diadakan, agar kelak, tidak ada generasi bangsa yang terjerumus dengan hal-hal yang negative. “Selain Kabupaten Wonosobo mendapat predikat  jambore paling aktif se-Jawa Tengah, Saya juga bisa mengambangkan kemampuan serta ilmu yang saya dapat selama ini”, Tutur Jani Arisanto. (Ard)


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top