Foto: Ilustrasi
WONOSOBOZONE - Pengamat Kereta Api Djoko Setijowarno mengemukakan, PT Kereta Api ingin membuka jalur yang non aktif, rencananya membangun jalur kereta api sepanjang 90 km yang melewati empat kabupaten yakni Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo untuk mendorong perekonomian daerah.

“Tahun ini akan baru dimulai pembangunan trace dan DED. Nantinya jalur ini akan memiliki sekitar 12 stasiun dan 13 halte, dan masih terdapat sisa bangunan stasiun dan Halte yang perlu dibenahi,” kata Djoko pada keterangan pers yang diterima Beritaempat.com, Kamis, (17/9).

Menurut Djoko, proyek pembangunan jalur kereta api yang terputus ini memiliki potensi yang cukup bagus dalam menumbuhkan perekonomian di daerah.

Potensi permintaan perjalanan lintas Purwokerto-Purbalingga mampu mengangkut sebanyak 308-455 orang per hari. Sedangkan mengangkut penumpang dari Jakarta bisa mencapai 700-1.813 orang/hari.


“Apabila dalam satu rangkaian KA mampu membawa 30 gerbong, maka potensi yang mampu diperoleh setiap 16 rangkaian lebih besar. Potensi angkutan terbesar dan berpotensi yang bagus untuk jalur KA, mengingat infrastruktur jalan koridor Purwokerto-Wonosobo kurang mendukung harusnya perlu adanya perbaikan serta pembangunan jalur untuk menghubungkan disetiap kota tersebut,” tandasnya.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top