Penyerahan bantuan untuk korban kebakaran rumah di Semagung

WONOSOBOZONEKebakaran hebat yang menimpa 4 rumah di permukiman padat penduduk, RT 1/RW 3, Kampung Semagung, Kelurahan Pagerkukuh, Wonosobo, mengundang keprihatinan Bupati Wonosobo, HA Kholiq Arif. Di sela peninjauan langsung lokasi dan pemberian bantuan pada korban kebakaran, bersama beberapa pejabat terkait, Senin (14/9), Bupati meminta agar Camat Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim memikirkan upaya relokasi bagi warga yang bermukim di area resiko tinggi seperti bantaran kali. “Memindahkan warga ke daerah yang aman, termasuk salah satunya ke rumah susun (rusun) yang kita bangun di lahan milik pemerintah”, jelas Kholiq ketika berbincang dengan Camat Wonosobo dan jajaran perangkat kelurahan Pagerkukuh.

Permintaan Bupati tersebut, menurut Zulfa wajar karena melihat kepadatan permukiman memang sangat rawan mengundang resiko. Selain apabila terjadi kebakaran sulit untuk diakses oleh mobil pemadam, daerah di bantaran kali menurut Zulfa juga sangat rentan terpapar luapan sungai ketika musim penghujan. Karena itulah, pihaknya mengaku akan segera berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengupayakan realisasi rusunawa tersebut. “Model kita akan bottom up, yaitu mendengar aspirasi warga, dan bila memang tidak ada resistensi, kami baru berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait dan mencari lokasi yang tepat untuk pembangunan rusun”, jelas Zulfa.

Kondisi permukiman di kampung semagung sehari pasca kebakaran sudah berangsur kondusif. Meski beberapa warga masih terlihat membersihkan puing-puing sisa kebakaran, para korban terlihat telah sepenuhnya menerima musibah yang terjadi. “Kami berterimakasih sekali Bapak Bupati bersedia datang dan memberikan bantuan, sehingga cukup meringankan beban kehidupan kami”, kata Samsudi (77), salah satu pemilik rumah yang akibat kebakaran tersebut, harus merelakan kerugian material senilai ratusan juta rupiah. Selain Samsudi, kebakaran pada Minggu siang (13/9) tersebut juga menimpa rumah milik Susanti, Nursihon, dan Ny Kasdi. Dikatakan Zulfa, kerugian yang timbul akibat kebakaran keempat rumah mencapai hampir 300 Juta Rupiah.

Source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top