Galian C di Desa Kapencar, Kab. Wonosobo
WONOSOBOZONE - Sebuah truk dan sebuah mobil bak terbuka bermuatan pasir dan batu hasil galian C terjaring razia yang dilakukan Sat Pol PP, Polres, Kodim dan Instansi terkait di tiga lokasi di wilayah Kabupaten Wonosobo, Selasa, 22 September.

Menurut Kepala Seksi Penegakan Peraturan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Wonosobo, Eko Hapsanta, operasi ini dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan warga sekitar dengan adanya galian liar ini. Karena aktifitas galian ini mengakibatkan dampak kerusakan alam yang meluas juga bisa menimbulkan polusi udara karena debu yang terbawa angin dan banyaknya kendaraan truk yang keluar masuk mengangkut pasir dan batu, selain jika musim hujan tiba dikhawatirkan akan terjadi banjir bandang, karena tanah dan tumbuhan penopang yang ada disekitar telah hilang.

Ketika petugas datang, lokasi penambangan di desa Kapencar, suasananya sangat sepi, hanya tampak beberapa alat dan kendaraan di lokasi penambangan. Namun tim berhasil mengamankan sebuah truk bernopol AA 1566 PF,  serta sebuah mobil L 300 dengan nopol D 8650 CW bermuatan material galian, dan menyita beberapa peralatan tambang seperti, cangkul, sekop, ayakan pasir, palu, dan linggis.

Kendaraan yang terjaring ini kemudian di data, dan selanjutnya petugas menyita Surat Tanda Kendaraan Bermotor untuk dijadikan sebagai barang bukti, dan memberikan surat panggilan untuk datang di Kantor Satpol PP pada hari Senin mendatang untuk dilakukan penindakan lebih lanjut.

Pemerintah Kabupaten Wonosobo sendiri saat ini sedang melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk menyikapi meluasnya galian liar ini, karena untuk perijinannya adalah kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk itu operasi ini akan terus dilakukan untuk menghindari kerusakan lingkungan alam yang makin meluas. (Ard)

Baca Juga:

Tidak Ada Personel Satpol PP Jadi Beking Penambangan Liar

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top