WONOSOBOZONE - Keberangkatan 16 orang jamaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Wonosobo, yang sempat tertunda akibat jatah kursinya diisi calhaj dari lain daerah, akhirnya terealisir, Rabu pagi (16/9). Ke-16 Calhaj yang sedianya bergabung dengan kelompok terbang (Kloter) 35 Embarkasi Adi Sumarmo tersebut, dilepas langsung oleh Bupati, HA Kholiq Arif, ulama kharismatik KH Habibullah Idris dan Kepala Kantor Kementerian Agama Wonosobo, serta beberapa pejabat Pemkab di Sekretariat Daerah, tepat pukul 06.00 WIB. Kepada para calhaj yang tertunda keberangkatannya tersebut, Bupati menyebut mereka sebagai orang-orang yang telah membantu Negara.


“Keikhlasan bapak ibu sekalian untuk legawa berangkat belakangan, tidak bersama rombongan sesuai jadwal awal, merupakan salah satu bentuk bantuan kepada Negara”, tegas Bupati. Bantuan tersebut menurut Kholiq menjadi sangat berarti bagi Negara, di tengah munculnya berbagai permasalahan pelik terkait system elektornik Hajj (e-Hajj) yang diaplikasikan Pemerintah Arab Saudi untuk visa para calon haji. “InsyaAllah, kerelaan ke-16 calon haji asal Kecamatan Sukoharjo ini, menjadi bekal bagi kelancaran ibadah selama di tanah suci, serta membawa kemabruran ketika kelak, kembali lagi ke tanah air”, harap Bupati seraya meminta agar para jamaah juga tak lupa mendoakan Kabupaten Wonosobo agar senantiasa aman, nyaman, rukun dan sejahtera.

Apresiasi atas keikhlasan 16 calhaj juga disampaikan oleh KH Habibullah Idris. Sebelum memimpin doa, mantan Ketua MUI Jawa Tengah tersebut mengakui, tertundanya keberangkatan ke tanah suci bukanlah hal yang mudah untuk diterima seorang calon haji. “Saya sendiri pernah mengalami hal serupa, dan ketika sampai di tanah suci sudah harus bersiap mengikuti rangkaian ibadah wajib, sehingga terasa kurang persiapan”, tutur ulama yang akrab dengan sapaan Mbah Habib itu. Namun dengan keikhlasan dan semangat mencari keridahaan Illahi, Mbah Habib menyebut justru banyak sekali hikmah yang diperoleh selama menyelesaikan semua prosesi ibadah. “Kuncinya adalah senantiasa berpasrah diri kepada Allah SWT dan tidak perlu menyalahkan siapapun”, pungkas Mbah Habib.

Dari keterangan Kepala Seksi Haji Kantor Kementerian Agama Wonosobo, Totok Jumantoro ketika ditemui di sela pemberangkatan, ke-16 calon haji asal Sukoharjo akan bergabung dengan Kloter 74. “Digabung dengan calon haji dari Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen, Sleman, Sukoharjo, dan Kabupaten Bantul”, terang Totok. Kelompok terbang tersebut, dikatakan Totok akan diberangkatkan ke tanah suci pada Kamis (17/9) sekitar pukul 11.00 WIB. “Meski awalnya agak sulit menerima tertundanya keberangkatan, ke-16 calhaj ini akhirnya legawa dan ikhlas untuk diberangkatkan tidak bersamaan dengan rombongan kloter 35 yang berangkat 2 minggu lalu”, ungkap Totok. (Ard)

Ilustrasi Web

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top