WONOSOBOZONE - Objek wisata Lobang Sewu di Kawasan Waduk Wadaslintang, Desa Erorejo mulai menjadi primadona bagi para penggemar foto, terutama foto pribadi atau yang kini lebih populer  dengan sebutan selfie. Pesona ribuan lubang yang terbentuk secara alami di tebing batu, tepi waduk wadaslintang, sering diklaim para pengunjung memiliki keindahan yang setara dengan grand canyon di Colorado, Amerika Serikat.  Bahkan menurut sebagian pengunjung, kombinasi batuan kapur yang terletak di sepanjang tepi waduk tersebut memiliki eksotisme yang lebih menarik, karena berpadu dengan pendar birunya warna air waduk. “Makin indah lagi ketika sore menjelang, dan matahari mulai beranjak ke peraduan, sunset nya seperti kita berada di tepi pantai”, kata Ronaldo (25), fotografer dari Kota Wonosobo yang datang bersama Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo serta rombongan penggemar fotografi, Sabtu (5/9).

Pendapat Ronald tersebut terasa wajar, karena ketika barada di Lobang sewu para pengunjung memang disuguhi bentang pesona alam yang luar biasa. “Melihat keindahan batuan dengan Lobang-Lobang unik akan jauh lebih mengasyikkan ketika berada di atas perahu”, jelas Annas, Ketua Karang Taruna Desa Erorejo. Dengan menggunakan perahu nelayan, Anas menuturkan pengunjung selain bisa berkeliling waduk, juga bisa mendapat objek foto yang bagus ketika memotret bentang lobang sewu. Puas bermain di kawasan lobang sewu, para pengunjung disediakan tempat rehat berupa gazebo, sembari menikmati lezatnya pepes ikan nila buatan warga setempat. “Pepes nila Erorejo sudah terkenal memiliki rasa lezat yang khas, karena ikannya berasal dari waduk Wadaslintang, dan dipelihara secara alami”, ungkap Annas lebih lanjut.

Keindahan objek wisata Lobang Sewu, diakui oleh Kepala Kanparekraf, Agus Purnomo. Menurut Agus yang telah berkali-kali datang ke tempat itu, berada di lobang sewu tak pernah membosankan, bahkan membuat ketagihan. “Kita serasa tengah berwisata ke luar negeri, karena memang eksotismenya begitu mengagumkan”, beber Agus. Kesadaran warga masyarakat desa Erorejo akan potensi wisata lobangs sewu, disebut Agus menjadi salah pemicu semakin tinginya minat wisatawan untuk datang. “Baru sekitar setahun lalu, kita berupaya mempromosikan lobang sewu, dan dengan adanya kesadaran masyarakat desa untuk membuat akses jalan yang lebih baik menuju kesini, sekarang sudah cukup ramai”, kata Agus.

Kesadaran masyarakat tersebut, seperti dikatakan Kepala Desa Erorejo, Ambar Riyanto, memang tergugah setelah melihat antusiasme pengunjung yang kian hari semakin bertambah. “Warga menyadari, bahwa dengan optimalisasi potensi wisata lobang sewu, akan mampu meningkatkan derajat ekonomi, sehingga semua berupaya agar minat wisatawan untuk datang semakin meningkat”, jelas Ambar. Selain membangun jalan desa yang menjadi akses masuk objek wisata, Ambar mengakui  warga juga mulai mengolah ikan nila untuk dijadikan pepes dengan rasa khas, dan bisa dibawa sebagai oleh-oleh. “Tak lama lagi, kita juga akan bekerja bakti untuk membangun sebuah jembatan penghubung di lobang sewu, sehingga pengunjung bisa menyusuri batuan lobang sewu secara lebih aman”, pungkas Ambar. (Ard)

penggemar fotografi mengabadikan keindahan lobang sewu

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top