WONOSOBOZONE - Semakin populernya objek wisata Bukit Seroja di kawasan Telaga Menjer, Desa Maron, Kecamatan Garung memantik inisiatif warga setempat untuk memudahkan para pelancong mengaksesnya. Bukit di ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut itu, menurut Kepala Desa Maron, Marji, kini menjadi objek buruan baru bagi para penggemar wisata di ketinggian. “Wisatawan, terutama dari kalangan anak-anak muda banyak yang menanyakan lokasi bukit seroja, dan berharap agar akses ke puncaknya dipermudah”, terang Marji ketika ditemui di sela gotong royong membuka jalan wisata menuju Seroja, Senin (14/9).

Akses jalan yang akan dibangun, menurut Marji akan diselesaikan dalam waktu satu bulan. “Total sepanjang 1.500 meter dan lebar 2 meter jalan menuju Seroja akan kita bangun secara swadaya “, jelas Marji lebih lanjut. Sepanjang jalan yang semula berupa tebing tersebut, dikatakan Marji akan memiliki pemandangan alam yang indah, dan mampu menyegarkan mata siapa saja yang melihatnya. “Untuk hari pertama ini, kami akan membangun sepanjang 300 meter”, lanjut Marji. Selama sebulan kedepan, warga Maron diakui Marji telah bersedia secara bergantian membangun jalan wisata. “Dalam sehari, tak kurang dari 125 orang warga akan terlibat dalam proyek swadaya itu, agar target pembangunan selama 30 hari bisa dicapai”, pungkas Marji.

Antusiasme warga Maron tersebut mendapat apresiasi positif Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo. Menurut Agus, dengan adanya kesadaran warga desa untuk menyambut wisatawan yang datang, akan sangat membantu program promosi Bukit Seroja. “Kita meyakini bahwa bukit Seroja ini ke depannya bisa menjadi primadona bagi para turis yang senang dengan keindahan pesona alam”, tegas Agus. Pemerintah, dalam hal ini Kantor Parekraf dikatakan Agus memang berupaya mendorong tumbuhnya kesadaran warga untuk mengoptimalkan potensi wisata di sekitar mereka. “Sekarang selain Bukit Seroja, bahkan ada destinasi baru, yaitu Goa Sima, yang oleh warga setempat sering dinamai gua batu putih”, terang Agus. Dengan adanya akses jalan yang lebih mudah, objek-objek wisata itu, diyakini Agus akan mampu meningkatkan pendapatan warga Desa Maron. (Ard)

Kepala Kantor Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Bersama Warga Membangun Jalan Baru Ke Bukit Saroja

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top