Ratusan Pelajar SMK ikuti uji kompetensi TIK yang diadakan oleh LSPTIK

WONOSOBOZONE - Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (LSPTIK) Indonesia yang berada di Surabaya, menggelar uji kompetensi Teknologi Informatika dan Komputer (TIK) bagi ratusan siswa SMK, selama 4 hari, sejak 29 Agustus.

Menurut Kepala DISDIKBUDPORA Kabupaten Wonosobo, Samsul Ma’arif, di kantornya, Kamis, 1 September, kegiatan ini menjadi media bagi pelajar SMK untuk menggali dan meningkatkan potensinya di bidang akademik. Selain itu, ajang ini bisa menjadi sarana pengaplikasian kompetensi siswa SMK yang profesional, mandiri dan kreatif, serta untuk meningkatkan kompetensi siswa-siswi SMK agar menjadi lebih unggul dan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja maupun mempersiapkan diri untuk menuntut ilmu di jenjang yang lebih tinggi. Beberapa SMK mengikuti program yang digelar gratis ini, diantaranya SMK N 1 Wonosobo, SMK Andalusia, SMK Pelita Al Qur’an dan SMK Garda Nusantara.

Senada, Kepala SMKN 1 Wonosobo, Joko Sriwidadi, yang sekolahnya menjadi tempat pertama uji kompetensi ini, mengaku cukup terbantu dengan adanya kegiatan ini. Karena lulusan SMK saat ini, tidak hanya cukup berbekal ijazah saja, tapi juga harus membekali diri dengan sertifikat kompetensi yang sesuai dengan standar dunia usaha dan industri.

Sheril dari LSPTIK Surabaya menyampaikan, pihaknya sengaja menggelar kegiatan ini, untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi siswa SMK di bidang TIK, sekaligus untuk mendapatkan sertifikat yang diakui secara nasional, yang merupakan standar sertifikasi profesi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu dan nilai jual siswa SMK asal Wonosobo. Animo peserta sendiri cukup tinggi, bahkan tidak hanya siswa saja yang tertarik mengikuti uji kompetensi, tapi juga para guru, sehingga pihaknya menambah jadwal uji kompetensi, dari sebelumnya 3 hari di tiap sekolah, menjadi 4 hari.

Bidang kompetensi layanan LSPTIK yang diujikan adalah operator komputer, jaringan komputer, pemrograman, multi media dan teknisi komputer. LSPTIK sendiri didirikan sejak 1 Mei 2007, dengan tujuan untuk memenuhi tersedianya pengakuan tenaga yang kompeten di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.

LSPTIK merupakan lembaga yang telah memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk melakukan proses pembuktian, bahwa seorang tenaga yang profesional benar-benar kompeten dalam bidang kompetensinya, sehingga tenaga profesional tersebut mendapatkan pengakuan kompetensi profesi yang dimilikinya, baik secara nasional ataupun internasional.

Pembuktian kompetensi yang dilakukan oleh LSPTIK, berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, yang merupakan rumusan kemampuan profesi seseorang yang mencakup seluruh aspek yang diperlukan untuk menentukan kompetensi seseorang, misalnya pengetahuan, keterampilan, keahlian, dan sikap. Untuk memenuhi tersedianya pengakuan tenaga yang kompeten di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi, baik secara nasional dan internasional, maka pihaknya juga beracuan pada standar internasional, dengan adanya dukungan standar kompetensi internasional dari Microsoft, Adobe, dan Oracle.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top