WONOSOBOZONE - Program TNI Manunggal Membangun Keluarga Berencana-Kesehatan (TMMKB-Kes) 2016 digelar di Kecamatan Garung, Rabu (7/9). Tak kurang dari 145 akseptor dari masyarakat kategori pra sejahtera dan sejahtera I menjadi sasaran program tahunan hasil kerjasama antara TNI, Pemkab dan BKKBN tersebut. Kepala Sub Bidang Kesertaan KB, BKKB PP dan PA Kabupaten Wonosobo, Supardiyanto menerangkan pihaknya menargetkan pemasangan 100 implan bagi akseptor yang selama ini belum menggunakan model kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Target tersebut menurutnya sudah terlampaui sejak dibukanya pendopo Kecamatan sebagai lokasi pemasangan implan. "Pendaftar pasang implan dari hampir semua desa se-Garung sudah mencapai 110 orang," tuturnya di sela acara.

Selain 110 akseptor yang dipasang implan, Supardi mengaku program TMMK juga menggratiskan pemasangan IUD bagi 35 wanita usia subur. Pemasangan kedua MKJP tersebut, dikatakan Supardi menjadi upaya serius Pemkab melalui jajaran BKKB PP dan PA, untuk mempercepat tercapainya target sebanyak 22.000 lebih akseptor di Tahun 2016. "Hingga akhir Juli lalu, capaian target akseptor baru mencapai sekitar 61%, sehingga di sisa 4 bulan ini kami berupa mengejar 39% nya," ungkap Supardi. Keterlibatan jajaran TNI melalui program TMMK, disebutnya menjadi dukungan luar biasa sehingga optimisme akan dicapainya target terus terjaga. Kesuksesan program keluarga berencana, dengan terus meningkatnya jumlah akeptor, menurut Supardi akan berimbas positif pada penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berkurangnya jumlah kemiskinan dan meningkatnya derajat kesejahteraan masyarakat, seperti diutarakan Sekda Eko Sutrisno Wibowo memang menjadi program prioritas Pemkab Wonosobo. "Salah satu upaya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan meningkatkan kesempatan mendapatkan pendidikan dan kesehatan," jelas Sekda. Melalui suksesnya program KB, Sekda meyakini kedua hal mendasar tersebut akan lebih mudah diperoleh. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk jajaran TNI yang selama ini telah rutin menggelar TMMK, diakui Sekda menjadi modal penting untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo. Peran TNI, melalui Kodim 0707 disebut Eko layak mendapat apresiasi sangat positif, mengingat selama ini dengan jaringan solid hingga ke wilayah, para personel TNI juga turut aktif mengajak warga masyarakat untuk ikut KB.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top