Kerja bakti Koramil bersama Polsek membersihkan timbunan longsor yang menutupi jalan
Pondasi Serma Baharudin (anggota koramil kertek) yang dilanda longsor

WONOSOBOZONE - Pondasi rumah Ahmad Royan dan Kasno di Duren Sawit RT 09/03 Kecamatan Leksono terkena longsor, pada Selasa (20/9). Kerugian ditaksir mencapai 100 juta rupiah. Berselang 1 hari, Rabu (21/9), longsor kembali terjadi di dua titik di Kecamatan Sapuran, yaitu Dukuh Kemiriombo RT 03/03 Desa Karangsambung dan Dukuh Tempurejo RT 02/08 Desa Tempurejo. Masih di hari yang sama, Rabu (21/9), longsor juga merambah di Dusun Gambarsari RT 10/02 Desa Kemiriombo Kecamatan Kaliwiro. Curah hujan yang cukup tinggi di beberapa hari terakhir, diduga menjadi kambing hitam atas terjadinya Longsor di beberapa titik yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Menurut informasi yang diterima wonosobozone.com, longsor yang terjadi di desa kemiriombo Kecamatan Kaliwiro merupakan tebing setinggi 5 meter panjang 8 meter dengan kerugian mencapai 35 juta rupiah. Sedangkan di Desa Tempurejo, tebing setinggi 10 meter dan panjang 15m menutup jalan di Desa Tempurejo Kecamatan Sapuran. Kerugian ditaksir mencapai 50 juta rupiah. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dari longsyang terjadi di beberapa titik tersebut.

Karena intensitas hujan yang masih tinggi, Danramil Sapuran, Kapten Nafarin menghimbau kepada warga masyarakat agar  waspada terhadap kemungkinan terjadi longsor susulan. "Untuk yang tinggal didaerah yang rawan longsor harus waspada tapi jangan panik. Lihat perkembangan disekitar kita, amati jika ada retakan tanah, atau pohon yang miring, waspadai itu semua," himbau Nafarin kepada warga ketika melakukan kerja bakti bersama Polsek sekitar membersihkan longsoran tanah yang menimbun jalan di Desa Tempurejo Kecamatan Sapuran, Rabu (21/9).

Nafarin meminta kepada warga untuk lebih mencintai lingkungan dengan menanam pohon dan tidak menebang pohon sembarangan. "Untuk itu kita diharapkan menjaga alam ini, kalau alam kita jaga maka alampun akan melindungi kita. Salah satu cara melindungi alam adalah dengan menanam pohon ditempat – tempat yang memiliki tingkat kemiringan tinggi, jangan menebang pohon secara sembarangan," Tandasnya. (Ard)


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top