WONOSOBOZONE - Sampai saat ini koperasi merupakan Soko Guru bangsa ini, tetapi kedepan koperasi harus menjadi pilar Negara. Demikian disampaikan ketua harian Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) Pusat, Agung Sujatmoko, MM, pada acara peresmian gedung DEKOPINDA SQUARE Kabupaten Wonosobo, bertempat di Jalan Veteran No. 46, Rabu (7/9).

Agung juga menyampaikan bahwa koperasi adalah sebuah organisasi yang melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan dan mengedepankan musyawarah bersama. Oleh karena itu sudah selayaknya koperasi menjadi Pilar Negara. Tetapi dengan berjalannya waktu koperasi juga harus berbenah menghadapi era globalisasi, dimana Dekopin perlu mendorong adanya pemakaian IT dalam organisasi koperasi, koperasi harus masuk dalam sektor bisnis dan koperasi konsumen (toko koperasi).

Sementara pada kesempatan itu Ketua Dekopinda Kabupaten Wonosobo, M. Sjahid, juga menyampaikan bahwa berdirinya Dekopinda Square ini bukan hanya untuk kantor saja, tetapi diberdayakan untuk dijadikan pertokoan. Bangunan 4 unit yang diselesaikan dalam waktu 7 bulan dan menelan biaya sekitar 1,3 milyar ini, dalam pelaksanaan pembangunannya menggunakan system swakelola dengan pihak ketiga, sehingga Dekopinda dapat berhemat dari rencana awal pembangunan yang menelan biaya sekitar 2,4 milyar. Ini sesuari dengan prinsip koperasi, yaitu  efisiensi dalam proses produksi demi kesejahteraan anggota bersama. Dan semoga dengan berdirinya Dekopinda Square ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat lingkungan sekitar.

Sjahid juga menambahkan bahwa dengan berdirinya gedung baru ini, bisa menjadikan Dekopinda lebih baik lagi dalam mengorganisasikan koperasi koperasi yang ada di Wonosobo. Yang hingga saat ini asset asset Koperasi yang ada di Wonosobo mendekati angka 2 Trilyun.


Pada kesempatan itu Sekda Wonosobo, Eko Sutrisno Wibowo, mengapresiasi atas berdirinya gedung Dekopinda Square. Diharapkan kedepan Dekopinda selalu membersamai Pemerintah dalam membina koperasi koperasi yang ada di Kabupaten Wonosobo. Sehingga di Wonosobo akan berdiri banyak Koperasi yang sehat dan professional, dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat Wonosobo.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top