WONOSOBOZONE - Alun-Alun (Town Square) merupakan ikon sebuah kota. Selain jadi jantung kota, Alun-Alun juga merupakan ruang publik dan pusat kekuasaan pemerintahan. Sebuah kota akan tampak sepi dan serasa hampa tanpa kehadiran Alun-Alun.

Kata orang, kalau main ke Jogja tapi tidak main ke Malioboro itu namanya belum ke Jogja. Nah sama juga kalau ke Wonosobo tapi tidak menginjakan kakinya di Alun-Alun Wonosobo namanya belum ke Wonosobo.

Alun-Alun Wonosobo Saat Malam Hari. Sumber Foto http://dieng.org/wonosobo/
Alun-Alun Wonosobo adalah salah satu Alun-Alun terindah di Jawa Tengah. Ruang publik ini, jadi pusat segala aktifitas warga dan pemerintah. Dari sekadar tempat wisata keluarga,  jalan-jalan, olah raga, pusat hiburan rakyat hingga perhelatan ceremonial pemerintah bahkan saat SunMor (Sunday Morning) juga bisa jadi tempat wisata belanja.

Wajah Alun-Alun Wonosobo terlihat cantik, luas, sejuk dan menarik perhatian orang yang melintasi jalan protokol sekitar Alun-Alun. Hal ini menjadi magnet  bagi siapapun untuk mengunjunginya.
Kondisi Alun-Alun Wonosobo yang ramai berdampak pada roda perekonomian rakyat. Pasalnya, Alun-Alun Wonosobo boleh dibilang bagaikan gula bagi semut. Alun-Alun yang ramai pasti akan disrubung PKL untuk berdagang di sekitar Alun-Alun.



Alun-Alun Wonosobo makin ramai, jika ada hiburan rakyat, pertandingan olah raga dan ada acara ceremonial pemerintah. Ruang publik ini biasanya juga akan rame saat week end, sabtu malam maupun minggu pagi.

Disekeliling Alun-Alun Wonosobo berdiri megah beberapa bangunan, kantor pusat pemerintah daerah dan taman kota. Karena itu, selain berfungsi sebagai ruang publik, Alun-Alun Wonosobo menjadi potret sebuah kekuasaan pemerintahan. (AM)
 
Pendopo,  Utara Alun-Alun Wonosobo


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top