WONOSOBOZONE - Inovasi Masrukhin (36), yang berhasil mengolah sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM), ternyata menarik perhatian banyak pihak. Setelah beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Wonosobo, Dra Hj Maya Rosida mengunjungi MTS (Madrasah Tengah Sawah), yang sekaligus menjadi tempat pengolahan sampah, pada Senin (19/1), Masrukhin kembali mendapat tamu istimewa, yaitu rombongan dari Badan Litbang Provinsi Jawa Tengah. Melalui Kepala Bidang Prasarana Wilayah, Dra Siti Sulami MM, Balitbang Provonsio Jateng mengaku sangat tertarik dengan inovasi Masrukhin tersebut, dan berjanji akan membantu pengembangan teknologi pengolahan sampah plastik, agar bisa menghasilkan BBM dalam jumlah yang lebih besar.


Menurut Siti Sulami, kemungkinan untuk bisa membantu pengembangan pengolahan sampah ala Masrukhin terbuka lebar. Setelah melihat langsung proses destilasi plastik sederhana, hingga menghasilkan cairan menyerupai BBM jenis premium, di bank sampah Jambean, pihaknya merasa optimis, kreativitas Masrukhin bersama sekolah sawahnya layak untuk dibantu pengembangannya. Menurut dia, dari hasil pengamatan langsung tersebut, dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan Masrukhin bersama Mpok Darsih (Kelompok Sadar Bersih) Dusun Jambean, Kalibeber, Mojotengah tersebut sangat pro lingkungan. Dengan mengolah kembali sampah plastik menjadi BBM, maka kreativitas Masrukhin itu menjadi wujud nyata dukungan terhadap upaya mencitakan lingkungan bersih sekaligus sebagai terobosan dalam mengupayakan terciptanya energi terbarukan.

Menanggapi antusiasme dari Balitbang dan DPD IPSI Jateng tersebut, Masrukhin yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo, menyatakan rasa syukurnya. Masrukhin juga mengaku siap untuk mengembangkan pengelolaan sampah plastic untuk disuling menjadi BBM, bila kelak memang benar-benar diberikan alat yang berkapasitas lebih besar. Menurut pria yang telah 8 tahun berkecimpung di pekerjaan social tersebut, limbah plastic masih begitu besar jumlahnya. Tak hanya di sekitar Kalibeber, pihaknya juga mengaku bisa menerima pasokan berupa sampah plastik itu dari berbagai wilayah di luar Kecamatan Mojotengah. Dengan adanya bantuan berupa alat tersebut, Masrukhin optimis, upayanya untuk bisa menemukan BBM alternatif yang bisa dimanfaatkan masyarakat luas  akan lebih cepat tercapai.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top