WONOSOBOZONE - Mengenalkan pentingnya kepedulian akan problematikan seputar limbah dan sampah harus dimulai sejak dini. Kesadaran untuk peduli efek negatif sampah bagi kehidupan tersebut berusaha ditumbuhkembangkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Informatika Wonosobo. Melalui organisasi pecinta alam Dumatesa, para siswa diajarkan bagaimana melihat sampah sebagai benda yang perlu diperhatikan secara serius agar tidak lagi menjadi problem, melainkan justru dapat dikreasi sebagai bagian dari solusi. Untuk keperluan mengenalkan teknologi pengelolaan sampah dan beragam jenis limbah itulah, Nurul Khafidhoh selaku Pembina Dumatesa berinisiatif memberikan materi pelajaran berupa pengolahan sampah menjadi pupuk cair dan kompos.

Ketika ditemui di salah satu ruang kelas, Selasa (20/1), Nurul menjelaskan bahwa upaya pihaknya mengajarkan teknik pembuatan pupuk cair melalui Dumatesa itu mendapat respon positif dari para siswa. Dengan mentehaui pola dan teknik pembuatan pupuk berbahan dasar sampah, Nurul berharap para siswa SMK Informatika akan menjadi inspirator di lingkungan tempat tinggal mereka. Generasi muda perlu disadarkan untuk bisa menjadi bagian dari solusi agar kelak mereka bisa berperan sebagai agen perubahan menuju hal-hal yang lebih baik. Selain membuat pupuk cair maupun kompos, dalam pelajaran pengelolaan lingkungan, para siswa juga dilatih membuat biopori. Pembuatan biopori merupakan langkah taktis yang dianggap efisien untuk mengatasi genangan air di halaman sekolah, mengingat curah hujan di Wonosobo yang tergolong tinggi.

Inisatif Dumatesa tersebut diapresiasi oleh pihak sekolah. Ruliyanto salah satu pengajar di SMK Informatika mengaku sangat antusias menanggapi keseriusan Dumatesa dalam mengajarkan ilmu pengelolaan limbah serta pembuatan biopori kepada para siswanya. Ruli berharap, dengan adanya pembelajaran tersebut, lingkungan sekitar sekolah akan semakin bersih, asri, dan memberi efek positif bagi  kenyamanan kegiatan belajar mengajar.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top