longsor yang mengakibatkan rumah rusak di Selomerto

WONOSOBOZONE - 15 fasilitas umum di wilayah Kecamatan Watumalang rusak berat akibat longsor yang terjadi sepanjang bulan Desember 2014. Kerugian material yang ditimbulkan dari tersebut ditaksir mencapai 3 Milyar Rupiah lebih. Demikian disampaikan Camat Watumalang, Bambang Sutarno S.Sos, Selasa (23/12). Dua senderan, yaitu di Masjid Abdul Wahab di Dusun Lengkong Desa Binangun, dan jalan Dusun Sumber, Desa Lumajang menimbulkan kerugian terbesar mencapai 2,2 Milyar Rupiah. Selain keduanya, longsor juga menimpa talut, jembatan, irigasi, poli kesehatan desa, dan Taman Pendidikan Al Qur’an.

Dalam laporannya, Bambang juga mengurai,  kejadian longsor akibat tingginya curah hujan di wilayahnya telah mengakibatkan 66 rumah di Desa Binangun, Wonokampir, Lumajang, Kuripan, Gondang, Kalidesel, Gumawang Kidul , Pasuruan dan Limbangan mengalami rusak kategori sedang sampai berat. Kerugian dari rusaknya rumah-rumah warga tersebut, dikatakan Bambang cukup variatif mulai dari kisaran 5 – 25 Juta Rupiah. Selain itu, Bambang juga mengatakan bahwa kejadian longsor tersebut telah mengakibatkan salah Taroni, salah seorang warga RT 18 RW 6 Desa Pasuruhan meninggal dunia, setelah terkubur longsor sepulang dari ladang. Untuk keperluan perbaikan, baik rumah warga maupun fasilitas umum, pihaknya mengaku telah mengajukan permohonan bantuan kepada pihak Pemerintah Kabupaten.

Terpisah, laporan atas kejadian longsor di wilayah juga disampaikan oleh Kecamatan Selomerto. Dari uraian laporan yang ditandatangani Camat Selomerto, Supratman SH tersebut, diketahui bahwa longsor terjadi di 2 Desa, yaitu Krasak dan Simbarejo, dengan kerugian total mencapai 277 Juta Rupiah. Selain beberapa rumah warga, longsor di Selomerto juga mengakibatkan senderan Dam Silebuh, Dam Kemiri, dan saluran irigasi Kendil Wesi rusak berat. Telah dilaporkannya kejadian-kejadian longsor di wilayahnya tersebut, diharapkan Supratman segera ditindaklanjuti pihak-pihak terkait agar secepatnya dilakukan perbaikan. (Nadia)

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top