WONOSOBOZONE - Seluruh sekolah di wilayah kerja Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Dikpora Kejajar sepakat kembali menggunakan Kurikulum 2006 (K2006) sebagai acuan kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan demikian, sesuai peraturan yang diberlakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sekolah-sekolah yang menerapkan K2006 tersebut diwajibkan membuka ekstrakurikuler pramuka bagi para siswanya. Hal itu ditegaskan oleh Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Kejajar, Kodir SPd MMPd, di depan para peserta kursus mahir dasar (KMD) untuk pembina pramuka kwartir ranting, Di SMP Negeri 1 Kejajar Rabu petang (21/1).

Dengan disepakatinya Kurikulum 2006 beserta konsekuensi untuk menggelar ekstrakurikuler wajib pramuka tersebut, Kodir berharap para pendidik di wilayah Kejajar semakin intens dalam menggiatkan kegiatan Pramuka di sekolah masing-masing. Mengikuti kursus mahir dasar (KMD), dikatakan Kodir merupakan salah satu langkah yang wajib ditempuh para pendidik sebelum mereka mengajarkan kepramukaan kepada siswa-siswinya. Selain akan memperoleh sertifikat mahir dasar, dalam kursus yang akan digelar selama 5 hari tersebut, 50 pendidik yang mengikuti KMD juga akan mendapat berbagai materi aktual, baik teori maupun praktek muatan lokal kepramukaan oleh para instruktur dari Kwarcab Wonosobo. Kepada para peserta KMD, Kodir meminta agar mereka tak hanya mengejar sertifikat semata, melainkan lebih memperhatikan materi-materi yang diberikan oleh instruktur.

Harapan agar para peserta benar-benar serius mengikuti KMD juga disampaikan Ketua Kwarcab Wonosobo, Dra Hj Maya Rosida MM. Maya yang juga Wakil Bupati Wonosobo tersebut mengingatkan, bahwa jiwa kepramukaan di kalangan generasi muda masa kini sangat penting untuk ditanamkan kembali. Tantangan berupa modernisasi teknologi, yang sarat dengan konten-konten negatif dan berpotensi membawa degradasi moral, menurut Maya dapat ditangkal, salah satunya dengan kepramukaan. Untuk menanamkan jiwa kepramukaan di kalangan pelajar itulah, Maya menilai para pendidik perlu mendapat materi-materi actual di kursus mahir dasar. Setelah KMD, Maya juga berharap para pembina Pramuka di Kejajar juga segera meningkatkan kapasitas mereka dengan mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML).

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top