WONOSOBOZONE - Gunung Sindoro merupakan gunung yang mempunyai tinggi 3.150 meter di atas permukaan laut. Gunung yang masih aktif ini terletak di Jawa Tengah, sangat dekat dengan Temanggung dan Wonosobo.

Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Deretan gunung berapi yang cantik ini kita bisa menikmatinya di Bukit Sikunir Dieng. Ya di sini lah spot yang paling baik untuk menikmati keindahan volcano aktif ini secara keseluruhan.


View Gunung Sindoro - Sumbing
Bisa dikatakan view terbaik untuk menikmati sunrise di Dieng adalah di Gunung Sikunir ini. Gunung Sikunir mungkin tidak sepopuler Gunung Merapi di Yogyakarta atau Gunung Bromo di Tengger. Gunung ini adalah salah satu gunung yang mengelilingi Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut.

Di sini kita bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, Slamet dan barisan gunung lainnya. Lokasi

ini terletak 8 kilometer dari Dieng dan untuk menuju gunung ini adalah dengan mendaki start mulai dari jam 4 pagi.



Perlu diingat di sini di ketinggian 2.300 meter dari permukaan laut, udara tipis, sehingga akan membuat napas kita tersengal saat mendaki. Cobalah untuk mengatur pernapasan anda melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut secara teratur.

Telaga Cebong

Sebuah danau hijau kecil yang terletak di bagian bawah Gunung Sikunir terlihat Telaga Cebong. Kalau kita tiba saat subuh maka danau ini tidak terlihat. Tetapi setelah menuruni Gunung Sikunir, dari jauh mulai tampak keindahan Telaga Cebong ini.

Selain itu pemandangan sekitar telaga ini juga sangat indah. Di sisi lain dari danau ada sebuah desa bernama Sembungan. Ini merupakan desa yang tertinggi di Jawa dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan air laut.

Puncak Sikunir
Saat tiba di puncak Gunung Sikunir, siap-siaplah menatap pemandangan yang sangat mengagumkan. Anda dapat melihat kabut mengelilingi gunung. Bila cuaca jelas, Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi dan Ungaran akan dilihat dari Sikunir. Semakin pagi kabut semakin menghilang dan detail jelas Gunung Sindoro membuat berdecak kagum wisatawan maupun fotografer. Perjalanan yang lumayan berat di pagi hari terbayar sudah menikmati keindahan pagi di Sikunir.

Penulis: Barry Kusuma ( Kaskus )

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top