elpiji-12 Kg

WONOSOBOZONE - Mulai awal Januari 2015 PT. Pertamina atau Persero telah menaikan harga jual LPG 12 kg sebesar Rp 1.500 per kilogramnya. Jika harga semula Rp 7.569 menjadi Rp 9.069 per kilo gramnya maka harga jual di tingkat agen bisa mencapai Rp 135.000 atau Rp 140.000 ditingkat sub agen sehingga konsumen pengguna harus menebus angka pembelian sekitar Rp 145.000 s.d. Rp 150.000.

Niaga LPG 12 kg merupakan kewenangan badan pelaksana yaitu PT. Pertamina karena bukan barang bersubsidi sehingga Pemerintah tidak bisa "intervensi". Namun demikian karena merupakan barang kebutuhan pokok masyarakat, sehingga terjadi tarik ulur rencana setiap ada rencana kenaikan harga LPG Non subsidi ini, karena akan berdampak pada masyarakat luas khususnya konsumen pengguna yang benar-benar menggantungkan kebutuhan akan keberadaan LPG 12 kg seperti warung makan, usaha pembuatan kue dan makan ringan dari kalangan usaha kecil. Alasan kenaikan harga gas tersebut lebih disebabkan karena saat ini Pertamina menjual barang tersebut di bawah harga standar untung, sehingga selalu dalam keadaan rugi. Salah satu hal yang dilakukannya adalah dengan mengubah pola distribusi dari SPPBE ke SPBEK.

Kepala Seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen, Oman Yanto  menghimbau kepada pengguna LPG 12 Kg untuk tetap konsisten dan tidak melakukan migrasi ke LPG 3 Kg dan untuk pengguna LPG 3 Kg agar tidak menggunakan LPG nya dengan berlabihan.

Perubahan pola distribusi ini secara keseluruhan seperti feeling fe dan transpor fee yang tadinya di tanggung Pertamina sekarang harus ditanggung pihak konsumen. Memang sangat ironis niaga LPG selalu dalam keadaan rugi, namun jika dinaikan juga menjadi beban sebagian masyarakat walaupun konsumen pengguna LPG 12 kg adalah masyarakat mampu. Bagai buah simalakama, tidak dinaikan merugi, dinaikan akan mendapat sorotan masyarakat yang dianggap tidak berpihak pada masyarakat. Selain itu juga tentu akan berdampak pada migrasi konsumen sehingga seolah-olah akan semakin langkanya tabung LPG 3 kg karena bertambah banyaknya konsumen pengguna. (Ard)

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top