WONOSOBOZONE - Warga masyarakat utamanya yang tinggal didaerah pegunungan diminta waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor akibat hujan deras. Jika ada tanda-tanda yang membahayakan hendaknya segera melapor kepada aparat terdekat agar dilakukan upaya antisipasi.  Hal ini sangat penting dilakukan karena  sebagian besar wilayah  di Wonosobo merupakan daerah pegunungan. 

Melihat mulainya ada longsor kecil – kecil diberbagai tempat. kemarin hujan turun dalam intensitas cukup tinggi maka Koramil Selomerto bekerja sama dengan Polsek serta masyarakat sekitar untuk mengadakan peninjauan ke beberapa desa yang dianggap berpotensi terjadi  seperti di desa Kaliputih dan Desa Candi.  Selama peninjauan tersebut belum ditemukan adanya tanda – tanda terjadinya tanah longsor demikian penuturan Danramil Selomerto Kapten Agus Suparno. (21/6)

Karena belum menemukan adanya tanda – tanda adanya tanah longsor maka Kapten Agus memberikan penyuluhan cara mengatasi bahaya tanah longsor mulai dari deteksi sampai apabila terjadi longsor.

Upaya pencegahan untuk mengurangi dampak bencana tanah longsor :  antara lain,   Kenali  daerah tempat tinggal kita sehingga jika terdapat ciri-ciri daerah rawan longsor kita dapat menghindar, Perbaiki tata air dan tata guna lahan daerah lereng,    Tanami daerah lereng dengan tanaman yang sistem perakarannya dalam (akar tunggang),  Tutup retakan-retakan yang timbul di atas tebing dengan material lempung untuk mencegah air masuk kedalam tanah,    Selalu waspada pada sat musim hujan terutama pada saat curah hujan yang tinggi dalam waktu lama, Waspada terhadap mata air/rembesan dan kejadian longsor skala kecil di sepanjang lereng.

Situasi saat longsor :  Bencana tanah longsor pada umumnya terjadi secara mendadak pada saat atau setelah terjadi hujan, Kejadian longsor pada umumnya terjadi dengan diikuti suara gemuruh, disertai gerakan massa tanah dan / atau batuan yang meluncur sangat cepat kebawah bukit menyapu apa yang dilewati.

Apa yang dilakukan saat kejadian. Kebanyakan pendudukdi bawah lereng tidak mempunyai kesempatan untuk menghindar pada saat massa tanah sudah mulai meluncur ke bawah. Evakuasi penduduk jika tebing telah menunjukkan gejala akan longsor

Apa yang dilakukan setelah kejadian.  Lakukan evakuasi korban yang tertimbun secara hati-hati, karena penggalian pada timbunan dapat memicu terjadinya longsoran baru. Lakukan evakuasi penduduk yang tinggal di daerah bahaya ke tempat penampungan yang aman. Cari sumber-sumber air bersih yang dapat dimanfaatkan untuk daerah penampungan yang aman. Segera hubungi pihak terkait seperti Kepala Desa/Lurah atau Camat sehingga kejadian bencana dapat ditangani dengan segera secara terkoordinasi.

Reporter: pendim0707

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top