Peserta Seleksi Duta Cuci Tangan RSUD Mempraktekkan Cara Cuci Tangan Yang Baik

Beberapa Peserta Calon Duta CUci Tangan RSUD



WONOSOBOZONE - Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Setjonegoro Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan seleksi Duta Cuci Tangan RSUD, Kamis (27/10). Sebanyak 34 peserta dari masing-masing bagian yang ada di RSU tersebut ikut serta dalam pimilihan Mas dan Mbak Hand Hygiene 2016. Menurut Ketua Komite Pencegahan Penyakit infeksi (PPI), dr. Suprapto mengatakan, Duta Cuci Tangan yang terpilih nantinya akan mempromosikan sekaligus membujuk warga agar menyadari akan pentingnya cuci tangan pakai sabun. “Nanti dua pasang Duta yang terpilih akan kami bawa keliling Wonosobo untuk mempublikasikan serta memotivasi warga dalam membersihkan tangan dengan sabun, dan tatacara cuci tangan yang baik dan benar,” terang Suprapto kepada wonosobozone.com ketika menjadi Juri dalam pemilihan Duta Cuci Tangan yang di gelar di Aula RSUD Wonosobo.

Terait kebiasaan cuci tangan, Suprapto menjelaskan bahwa kesadaran masyarakat Wonosobo masih sangat minim untuk mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. “Ada beberapa warga yang paham akan pentingnya cuci tangan, ada beberapa pula yang pernah menderita penyakit cukup parah akibat infeksi yang dikarenakan malas mencuci tangan pakai sabun. Namun hal tersebut tidak menjadikan mereka merubah pola hidup untuk membersihkan tangan pakai sabun, ungkapnya. Suprapto menambahkan, dalam rentang waktu 1 tahun, terdapat 3% lebih penderita yang ada di RSUD berasal dari penderita Infeksi, dimana infeksi tersebut berasal dari tangan yang tidak higienis.


Sementara, Sony Budiyono selaku tim pencegahan dan penanganan Infeksi RSUD mengatakan, banyaknya penderita infeksi dari tahun ke tahun semakin meningkat. “Kebersihan tangan itu merupakan modal untuk menghindari terjadinya infeksi, cuci tangan saja belum cukup, oleh karena itu, sabun antiseptic juga harus dilibatkan ketika membersihkan tangan,” harapnya. Sony yang juga menjadi panitia dalam pemilihan Duta Cuci Tangan RSUD mengaku pihaknya akan mengupayakan untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga pola hidup sehat. “Pemilihan Duta Cuci Tangan merupakan salah satu cara memotivasi masyarakat untuk membersihkan tangan pakai sabun,” urai Sony. (Ard)

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top