Pelaku wisata melihat hasil kerajinan khas desa Bobung Gunungkidul
WONOSOBOZONE - Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kanparekraf) Kabupaten Wonosobo mengajak 25 pelaku wisata dari 10 Desa mengunjungi perajin topeng kayu di Desa Bobung, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogjakarta, Rabu (2/12). Kunjungan tersebut, menurut Kepala Kantor Parekraf Agus Purnomo di sela pelepasan rombongan menjelaskan maksud dan tujuan kunjugan tersebut adalah agar para pelaku wisata desa, bisa belajar mengenai pola pengelolaan objek wisata dan kerajinan khas desa. Dari pengamatan langsung di desa Bobung, Agus berharap para peserta kunjungan yang terdiri dari pengurus kelompok sadar wisata (Pokdarwis) bisa mempelajari banyak hal terkait optimalisasi potensi dan pengelolaan hasil kerajinan. “Tentunya kami mengharapkan sekembalinya mereka dari kunjungan lapangan, akan menularkan pengetahuannya kepada anggota lain di desa masing-masing,” jelas Agus.

Pemilihan perajin topeng kayu di Desa Bobung sendiri, menurut diterangkan Agus merupakan hasil tindak lanjut dari kerjasama yang telah terjalin sebelumnya. “Perajin topeng dari Bobung sendiri telah kami undang ke Wonosobo untuk memberikan pelatihan singkat kepada pelaku industri kreatif, belum lama ini,” lanjutnya. 10 Pokdarwis yang turut serta dalam kunjungan lapangan, diurai Agus berasal dari Desa Sendangsari dan Maron Garung, Reco Kertek, Erorejo Wadaslintang, Sembungan dan DIeng Kejajar, Krinjing Watumalang,  Sawangan Leksono, dan Giyanti, Selomerto. “Mereka selain memiliki potensi alam juga merupakan desa penghasil produk-produk kerajinan khas,” ungkap Agus. Selain itu, pihaknya juga mengajak beberapa pengelola homestay dan pemandu wisata dalam kunjungan tersebut.

Bagi para peserta kunjungan lapangan, pertemuan dengan perajin topeng kayu tersebut menjadi media pencerahan yang sangat berarti. Tafrikhan, salah satu peserta dari Desa Dieng Kejajar termasuk yang merasa sangat beruntung bisa turut serta dalam kunjungan. “Tatap muka langsung  dengan pelaku industri wisata desa Bobung ini jelas akan mampu memberikan pemahaman baru, terkait bagaimana kami berupaya mengoptimalkan potensi yang ada di Desa Dieng, Kejajar,” terang Tafrikhan.

Senada dengan Tafrikhan, Nurhasanah, salah satu pemandu wisata dari Dieng juga mengakui bahwa keikutsertaannya dalam kunjungan lapangan tersebut sangat berguna baginya. “Gunungkindul sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat digemari masyarakat tentunya bisa menjadi media belajar untuk memandu wisatawan,” tutur Nurhasanah.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top