Di TPS 6 Sendangsari Garung, pemilih disambut oleh kesenian barongsai

WONOSOBOZONE - Untuk menambah kesemarakan dan untuk meningkatkan partisipasi pemilih agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), berbagai kreativitas dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa TPS untuk menyambut para pemilih. Seperti yang terpantau oleh Tim II Pemantauan Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo Tahun 2015 di beberapa wilayah Kecamatan, Rabu, 09/12/15.

Tim II yang terdiri dari Kapolres, Ketua DPRD, Komisioner KPU, Kabag Keuangan dan Aset Daerah, Kabag Hukum, Kabag Komtel, Kasi Intel Kajari dan kasubag Keuangan dan Aset Desa Kabupaten Wonosobo. Memantau Pelaksanaan Pemungutan Suara di beberapa TPS, seperti di TPS 1 Kuripan Kecamatan Watumalang, TPS 1 Kalibeber Kecamatan Mojotengah, TPS 6 Sendangsari Kecamatan Garung dan TPS 1 Serang Kecamatan Kejajar.

Di TPS 6 Sendangsari Garung, pemilih disambut oleh kesenian barongsai dari desa setempat, doorprize yang menanti para pemilih serta petugas TPS yang berseragam pakaian adat Jawa yang terkesan ramah. Menurut Camat Garung, Santoso, sebagian besar TPS di Wilayah Garung menampilkan kesenian daerah dari desa setempat dan membagi doorprize untuk menarik minat para pemilih. Semua itu dilakukan oleh Desa secara sukarela, agar target suara 77,5 % dari 40.538 pemilih di Kecamatan Garung bisa tercapai. Kesenian itu juga dilaksanakan untuk menghilangkan kesan seram dan serius di TPS, tetapi tanpa menghilangkan prinsip LUBER pada  jalannya pencoblosan suara di masing masing TPS. Selain di TPS 6 Sendangsari Garung, di TPS 1 Kalibeber  Mojotengah, pemilih juga disambut oleh kesenian kentongan dari desa setempat.

Sementara itu dari hasil pantauan di beberapa TPS, menurut Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, semua berjalan dengan lancer sesuai dengan apa yang menjadi ketentuan perundang undangan, tidak ditemukan kecurangan dan yang perlu diapresiasi adalah partisipasi pemilih yang cukup bagus. Mudah mudahan ini pertanda positif keinginan masyarakat untuk mempunyai pemimpin masa depan, untuk 5 tahun yang akan datang. Afif juga mengapresiasi dari beberapa TPS yang melakukan hal yang positif dalam menyambut dan mengundang pemilih untuk mendatangi TPS dengan berbagai hal yang kreatif, seperti menampilkan kesenian daerah, doorprize. Itu merupakan partisipasi Pemerintah Desa dan masyarakat untuk mengexpresikan potensi yang ada di wilayah dalam ikut mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo tahun 2015.

Source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top