Kondisi aman di masing masing tps

WONOSOBOZONE - Tingkat partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Kabupaten Wonosobo, Rabu 9 Desember 2015 diprediksi masih akan berada mencapai target KPUD yang mematok angka 77,5 %. Dari pemantauan TPS 01 Desa Rogojati, Sukoharjo, TPS 01 Kelurahan Leksono, Leksono, dan TPS 01 Kelurahan Jaraksari Kecamatan Kota Wonosobo, terlihat bahwa di kisaran pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, sudah sepi pemilih. Menurut beberapa petugas yang berada di TPS-TPS tersebut, puncak kehadiran pemilih sudah terlewati, yaitu di sekitar pukul 08.00-09.00 WIB. Penjabat Bupati Wonosobo, Satriyo Hidayat yang bersama Kepala Kejari, Ketua KPU, Inspektur Kabupaten, Kepala Kantor Kesbangpol, Kepala Satpol PP, serta Kepala Bagian Umum dan Kasubag Pemerintahan Desa Setda Wonosobo memantau langsung ke 3 TPS tersebut, mengaku masih optimis di sisa waktu hingga pukul 13.00 WIB, masyarakat masih akan datang dan menggunakan hak pilihnya.

“Dari para petugas yang kami temui, rata-rata memang mengakui bahwa kehadiran pemilih di TPS baru berada di angka sekitar 50 sampai 60 %,” tutur Satriyo ketika ditemui di kantor KPUD Wonosobo seusai pemantauan. Angka tersebut, meski masih di bawah target KPUD Wonosobo, menurut Satriyo masih realistis untuk dikejar. Ia menyebut kemungkinan alasan ketidakhadiran pemilih adalah karena beberapa warga tengah berada di luar Wonosobo. “Di wilayah Sukoharjo dan Leksono banyak warga yang merantau, termasuk menjadi Tenaga Kerja di luar negeri,” sebut Satriyo. Kondisi tersebut, menurut Satriyo sangat bisa diterima, mengingat untuk pulang ke kampung halaman demi menggunakan hak pilih, tentunya mereka juga berhitung dengan ongkos transportasi. Meski dari sisi partisipasi di ketiga TPS tersebut masih agak jauh dari target, Satriyo mengaku bersyukur, proses pemungutan suara berjalan lancar, aman dan tak ada indikasi kerawanan maupun potensi gangguan keamanan.

Situasi Kamtibmas yang kondusif sepanjang waktu pemungutan suara juga diungkapkan Kepala Kantor Kebangpol, Didiek Wibawanto. Menurutnya, dari laporan sementara yang masuk, kejadian yang agak mengganggu hanya ada di salah satu TPS di Desa Limbangan, Selomerto. “Secara umum kondusif, aman dan terkendali,” terang Didiek. Pihaknya sendiri, dengan koordinasi intensif bersama unsur Polri dan TNI, justru berupaya mengantisipasi potensi kerawanan dan gangguan kemanan pascapenghitungan suara. “Kami intensif berkomunikasi dengan seluruh jajaran aparat keamanan demi mengantisipasi munculnya pihak-pihak yang tak puas dengan hasil penghitungan suara,” jelas Didiek.

Optimisme akan tercapainya target angka partisipasi pemilih juga diungkapkan Ketua KPU Wonosobo, Ngarifin Shidiq. Menurutnya, tingkat partisipasi pemilih di ketiga TPS yang dipantau relatif rendah karena berada di sekitar pusat Kota Kecamatan. “Biasanya antusiasme masyarakat di pedesaan lebih tinggi,” jelas Ngarifin. Terkait hasil pemungutan suara, Ngarifin berharap siapapun yang nantinya terpilih sebagai Bupati-Wabup, bisa diterima semua pihak.

Source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top