Aziz Wijaya mendapat selamat dari Kemenkum HAM RI

WONOSOBOZONE - Wonosobo berhasil meraih penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia tahun 2014. Bersama 132 Kabupaten/Kota se-Indonesia, Wonosobo mendapatkan piagam penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2014 yang diserahkan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia tingkat nasional pada 11 Desember 2015 kemarin di Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly kepada Asisten Pemerintahan Setda Wonosobo, M.Aziz Wijaya yang mewakili Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan dilanjutkan dengan penandatangan komitmen bersama untuk mewujudkan pembangunan daerah peduli Hak Asasi Manusia.

Menurut Plt. Kepala Bagian Hukum Setda Wonosobo, Haryono, di kantornya, Senin (14/12), Wonosobo berhak atas penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia tahun 2014 sesuai penilaian dari Kemenkum HAM RI, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 25 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 11 Tahun 2013 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM tersebut didasarkan pada pelaksanaan  dari penghormatan, pemajuan, pemenuhan, penegakan dan perlindungan atas 5 hak yaitu hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman dan hak perempuan dengan 17 indikator, selama periode penilaian bulan Januari sampai dengan Desember 2014, dengan nilai rata-rata 91,76 atau naik dari angka tahun sebelumnya 77,65, sehingga masuk kategori peduli. Sekaligus berhasil menjadi terbaik kedua di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Haryono menambahkan, dari 17 indikator yang ada, 13 indikator berhasil diraih Kabupaten Wonosobo dengan nilai sempurna 10, atau meningkat dibanding tahun sebelumnya sebanyak 10 indikator, yakni Rendahnya Angka Kematian Ibu, Rendahnya Angka Kematian Bayi, Tutupan Vegetasi pada Kawasan Berfungsi Lindung, Prosentase Anak Usia 7-12 tahun yang Belum Memperoleh Pendidikan Tingkat SD, Prosentase Anak Usia 13-15 tahun yang Belum Memperoleh Pendidikan Tingkat SMP, Prosentase Penyandang Buta Aksara, Prosentase Penyandang Buta Aksara, Penyediaan Air Bersih untuk Kebutuhan Penduduk, Prosentase Keluarga Berpenghasilan Rendah yang Tidak Memiliki Rumah, Prosentase keluarga yang belum memiliki akses terhadap jaringan listrik, Jumlah Demonstrasi yang Anarkis, Prosentase Keterwakilan Perempuan dalam Jabatan Pemerintahan Daerah dan Prosentase Kekerasan terhadap Perempuan.

Dua indikator lainnya mendapat nilai sedang 8, yakni Prosentase angka pengangguran dan Prosentase Penurunan Jumlah Anak Jalanan dari Tahun sebelumnya ke Tahun berjalan.

Sedangkan satu indikator memperoleh nilai rendah 4 yakni Prosentase Rumah Tidak Layak Huni dan satu indikator meraih nilai rendah 6 yakni Prosentase Balita Kurang Gizi.

Menanggapi capaian ini, Pj. Bupati, Satriyo Hidayat, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, utamanya masyarakat Wonosobo, yang ikut mendukung Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam segala aspek pembangunan, sehingga bisa mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Meskipun diakuinya masih ada pekerjaan rumah yang cukup berat bagi Pemkab Wonosobo dalam mengentaskan angka kemiskinan di wilayah ini, khususnya untuk meningkatkan capaian dua indikator yang ditetapkan Kemenkum HAM RI yang berkorelasi juga dengan angka kemiskinan di Wonosobo, yang saat ini masih di angka merah, yakni prosentase rumah tidak layak huni dan balita kurang gizi.

Satriyo juga berharap, kedepan di Wonosobo, orang-orang yang datang, tinggal, dan menikmati kota ini akan nyaman dan tenteram, serta mudah mengakses fasilitas publik yang ada tanpa kendala. Karena ia sangat percaya karakter masyarakat di wilayah ini yang sangat heterogen namun bisa memahami perbedaan dan keberagaman sebagai bentuk pengayaan khasanah bukan untuk dipertentangkan atau dipermasalahkan. Bahkan dia sangat yakin, jika harmonisasi sosial yang selama ini sudah tumbuh dan berkembang, dapat menjadi ciri khas bagi masyarakat Wonosobo hingga generasi-generasi mendatang. 

Source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top