WONOSOBOZONE - Sebanyak 6.000 batang tanaman buah terdiri dari pohon durian 3000 pohon, Petai 1500 pohon, Kelapa 1000 pohon, Sirsat 500 pohon ditanam dikawasan Waduk Wadaslintang. Penghijauan waduk ini dilakukan berkat kerja sama antara Koramil Wadaslintang dengan Perum Jasa Tirta I dan masyarakat sekitar. (7/12)

Danramil 12/Wadaslintang Kapten Budiyoto menyampaikan bahwa program penghijauan waduk kali ini ditanami pohon buah terkandung maksud bahwa selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, juga mempunyai manfaat lebih yaitu kelak dikemudian hari jika pohon yang ditanam ini besar maka akan membawa berbuah sehingga bisa memberikan nilai ekonomis tersendiri.    Yang paling penting adalah bahwa menjaga ekosistem alam ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu mengajak kepada semua pihak mari bersama – sama kita menjaga dan merawat apa yang telah kita perbuat bersama hari ini.

Agung Nugroho D.T selaku Kepala Divisi V Perum Jasa Tirta I. menyampaikan terima kasih sekali kepada TNI khususnya Koramil Wadaslintang yang telah berperan aktif ikut menjaga dan mengajak dalam program penghijauan waduk Wadaslintang. Ini merupakan bentuk perhatian dan apreasi yang harus dilestarikan bersama.

Lebih lanjut Agung Nugroho menyampaikan bahwa penghijauan di daerah hulu akan turut membantu memperpanjang umur kegunaan waduk. “Musuh waduk adalah endapan lumpur, karena itu hutan harus dijaga agar waduk yang dibangun dengan biaya mahal tidak cepat dipenuhi endapan lumpur. Saat ini didunia belum adabest practice menggali lumpur yang ada di waduk. Oleh karena itu Daerah Aliran Sungai harus dijaga dari penggundulan hutan.

Menurutnya, pembangunan waduk saat ini tidak hanya berguna bagi pengendalian banjir dan irigasi pertanian tetapi lebih jauh lagi berfungsi sebagai bagian dari konservasi air. “Dengan terjadinya perubahan iklim dan global warming, fungsi waduk yang paling penting untuk konservasi.Pengisian air tanah. Karena selama ini air tanah digunakan terus tetapi tidak ada pengisian kembali. Sehingga bila air kita tampung di waduk maka ada kesempatan untuk meresap kedalam tanah. Selain itu seperti yang kita lihat, wilayah sekitar waduk banyak penghijauan sehingga konservasi air-nya bagus.”  .
Pendim0707/wsb

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top