WONOSOBOZONE - Tak kurang dari 117 personel Komando Distrik Militer (Kodim) 0707/Wonosobo, Selasa (6/12) menjalani tes darah untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak terjangkit HIV/AIDS. Dandim 0707, Letkol CZI Dwi Hariyono menyebut tes itu sebagai sebagai salah satu upaya, untuk mencegah agar jajarannya tidak sampai terjangkit virus mematikan tersebut. Kepada setiap anggotanya, Dwi menegaskan bahwa kesehatan diri menjadi modal utama bagi prajurit TNI, karena tanpa modal sehat baik jasmani maupun rohani, mustahil bagi mereka menjalankan misi mengamankan Negara. “Saya mengingatkan kepada setiap anggota, bahwa sejarah membuktikan betapa pasukan Amerika yang dikenal sangat kuat, terpaksa menyerah di perang Vietnam, salah satunya adalah karena Vietnam Rose,” jelasnya.

Vietnam Rose, dijelaskan Dandim merupakan penyakit kelamin yang sangat mematikan, dan pada masanya, sengaja disebarkan untuk melemahkan pasukan Amerika, melalui para wanita penjaja cinta. Hal itu menurut Dandim sama seperti halnya HIV/AIDS, yang sebagian besar penyebarannya melalui kontak seksual. Dandim berharap agar setiap anggotanya menjaga diri dengan benteng keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar tidak sampai mengalami nasib yang sama. “Adanya tes ini juga demi menggugah kesadaran prajurit, karena mereka juga memiliki potensi untuk terjangkit HIV/AIDS,” tandas Dandim.

Tak hanya itu, melalui tes yang digelar di Aula Kodim dan ditangani tenaga medis dari RSUD Setjonegoro itu, Dandim juga berharap anggotanya lebih paham mengenai apa dan bagaimana HIV/AIDS itu, termasuk proses penularannya agar bisa menyosialisasikan ke masyarakat luas. “Kami berupaya membantu Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Daerah, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui para Bintara Pembina Desa (Babinsa) mengenai bahaya HIV/AIDS ini,” terangnya.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top