WONOSOBOZONE - Direktur Program USAID PRIORITAS Indonesia, Stuart Weston, sangat terkesan dengan eksistensi dan partisipasi paguyuban kelas SDN 1 Garung. Pada kesempatan kunjungan kerjanya di SDN 1 Garung, pada tanggal 20 Nopember 2015,  Stuart melihat begitu semangatnya Paguyuban Kelas, dari Kelas 1 sampai dengan Kelas 6  membantu guru dalam proses pembelajaran, dan menyediakan fasilitas untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas putra dan putri mereka. Stuart mengaku hanya sedikit sekolah yang paguyuban kelasnya mau beperan sedemikan besar sebagaimana SDN 1 Garung, baik dari segi tenaga, pikiran maupun baiaya. Mereka rela untuk membantu mengatur meja, mengatur papan pajangan yang bervariasi, penyediaan buku bacaan untuk anak-anak, pengadaan sudut baca di setiap kelas, pengadaan taman asuh di setiap kelas, hingga pengecatan ruang kelas yang bernuansa anak-anak dengan biaya dan tenaga sendiri. Bahkan, menurut Paryono, Kepala SDN 1 Garung, sering tidak tahu kegiatan paguyuban kelas, tahu-tahu suasana kelas sudah berubah dengan variasi-variasi yang menyenagngkan.


Dalam pesannya ketika mengukuhkan paguyuban kelas di SDN 1 Garung, Stuart Weston menyampaikan bahwa paguyuban kelas merupakan unsur  penting di sekolah yang harus selalu mencurahkan potensinya untuk bersama-sama dengan guru dan Kepala sekolah dalam menghantarkan anak untuk berhasil dalam belajarnya. Keberadaan Paguyuban Kelas, yang senantiasa berada di kelas bersama-sama dengan guru, di satu pihak menjadi salah satu upaya agar guru senantiasa bersungguh-sungguh dalam memfasilitasi anak dalam belajarnya. Di lain pihak, orang tua juga tahu bagaimana beratnya beban dan tanggungjawab guru dalam mendampingi sedemikian banyak anak yang berbeda-beda sifat dan karakternya.

Hadir pula pada kunjungan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Syamsul Ma’arif, mendampingi Stuart Weston. Dalam sambutannya pada pengukuhan Paguyuban Kelas tersebut, Kepala Dinas menyampaikan bahwa orang tua merupakan unsur yang tidak terpisahkan dari pendidikan anak di sekolah. Sebab setelah anak-anak pulang dari sekolah, giliran orang tua yang mengambil alih tugas guru. Orang tua berperan besar dalam pendidikan karakter, aklak, memotivasi dalam belajar, dan  pendampingan anak dalam penyelesaian tugas-tugas dari guru.

Pada kesempatan lain Direktur Program USAID PRIORITAS dan Kepala Dinas Dikbudpora, memasuki kelas untuk melihat proses pembelajaran. Stuart Weston merasa terkesan dan puas terhadap proses pembelajaran yang sedang berjalan. Guru memberikan unpan balik, semantara siswa mampu memecahkan masalah, dan berani mengeluarkan pendapat. Demikian pula ketika berkunjung ke MI Muhammadiyah kertek. Ia puas menyaksikan proses pembelajaran di sekolah-sekolah tersebut, karena menurut Stuart kedua sekolah tersebut termasuk sekolah terbaik di Indonesia yang melaksanakan program USAID PRIORITAS. (Ard)

Ilustrasi Web

Source   : Usaid Prioritas

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top