Pengukuran di koramil kalikajar
WONOSOBOZONE - Menindak lanjuti hibah tanah Koramil oleh pemda Wonosobo maka diadakan pembuatan seritifikat tanah.  Pembuatan sertifikat dilakukan oleh BPN Wonosobo dengan didampingi dari Pemda Wonosobo dan pemilik tanah disekitar lokasi yang akan dibuat sertifikat.  Pengukuruan dimulai dari Koramil kalikajar, Sapuran, Kepil selomerto, kaliwiro, Wadaslintang, Leksono, Mojotengah, Kalibawang.

Pasi Intel Kapten Inf Heru Utomo sebagai perwakilan dari Kodim Wonosobo menyampaikan bahwa pembuatan sertifikat sangatlah penting dilakukan karena dengan sertifikat tersebut apabila terjadi permasalahan sengketa lahan maka sertifikat menjadi acuan yang paling utama.  Banyak masalah yang terjadi dimasyarakat terjadi sengketa perebuatan hak milik akan tanah.  Karena tidak memiliki sertifikat maka dipersidangan banyak yang kalah padahal seharusnya tanah tersebut merupakan miliknya.  Itu juga berlaku pada instansi pemerintah termasuk kodim 0707/Wonosobo.

Kita sebagai aparat pemerintah tidak bisa semena – mena mengakui sebidang tanah tanpa ada bukti hak kepemilikan yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan nasional yaitu sertifikat tanah.  Sudah ada  asset TNI yang hilang atau diklaim oleh pihak lain hanya gara – gara tidak ada bukti pemilikan yang otentik maka TNI akhirnya menyerahkan asset tersebut.  Untuk itu setelah mendapat hibah dari Pemda maka segera membuat sertifikat.

Tanah merupakan anugrah tuhan yang diberikan kepada umat manusia.  Tuhan menciptakan tanah agar umat manusia bisa bertempat tinggal, mencari nafkah dan beraktifitas lainnya.  Karena umat manusia jumlahnya setiap hari bertampah sementara jumlah lahan yang ada tidak bertambah. Oleh sebab itu ada kecenderungan setiap individu  akan berusaha mempertahankan apa yang sudah menjadi miliknya.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top