Para peserta lomba MAPSI siap berprestasti tinggi

WONOSOBOZONE - Kontingen Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) SD/MI Wonosobo optimis bisa berprestasi dan meraih juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah, hal ini diungkapkan Asisten Pembangunan Setda, Amin Suradi, saat melepas kontingen, Jum’at, 13 November di Pendopo Kabupaten.

Menurut Amin, optimisme ini muncul dari kesiapan yang dilakukan 14 guru pendamping dan pembina dalam membina 24 pelajar yang akan berlomba dalam ajang Lomba MAPSI SD/MI tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang akan digelar 13-15 November di Asrama Haji Donohudan Solo.

Selama hampir sebulan, atau setelah gelaran lomba MAPSI SD/MI tingkat Kabupaten pada 3 Oktober kemarin, mereka langsung mengadakan pemusatan latihan kepada para siswa. Meskipun pemusatan tersebut tersebar di beberapa sekolah yang siswanya ikut dalam lomba, namun karena adanya monitoring yang dilakukan secara terpadu, aktivitas dan perkembangan siswa yang akat ikut lomba bisa terpantau.

Dari hal tersebut, pihaknya merasa yakin, tahun ini kontingen Wonosobo bisa berbicara banyak dalam ajang yang difokuskan pada pengenalan nilai-nilai Agama Islam pada siswa agar meningkat akhlakul karimahnya, punya budi pekerti luhur dan menumbuhkembangkan bakat kreatifitas siswa serta memupuk rasa cinta terhadap seni Islami.
Amin juga berpesan pada para pelajar agar menjaga kondisi dengan baik, jangan sampai drop karena perubahan iklim, sebab tempat lomba kali ini punya iklim yang berbeda dengan Wonosobo. Jika Wonosobo dingin, maka Solo agak panas, sehingga kondisi tubuh yang fit menjadi syarat mutlak agar mental tidak ikut drop, yang ujungnya akan mempengaruhi penampilan mereka.

Dan yang terpenting menurut Amin, mereka harus menjadi duta-duta Wonosobo yang baik, yang mampu membawa nama baik Wonosobo, dengan selalu menjaga sportifitas, kejujuran dan semangat kompetitif, sebab kemenangan yang diraih tak ada harganya jika tidak diraih secara sportif dan jujur.

Menurut ketua kontingen, Arifin, kontingen Wonosobo tahun ini terdiri dari 24 pelajar dan 14 guru serta pendamping, yang akan berlomba di 14 bidang lomba, yakni Mata Pelajaran Islam Putra/Putri, Macapat Putra/Putri, Tilawah Putra/Putri, Kaligrafi Putra/Putri, Khitobah Putra/Putri, Cerita Islami Putra/Putri, Seni Azan putra dan Seni Rebana.

Khusus tahun ini juga, penyebaran peserta cukup merata. Mereka berasal dari 6 kecamatan, yakni Kecamatan Wonosobo, Garung, Sapuran, Kepil, Sukoharjo dan Kalikajar.

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, tahun ini asal peserta memang lebih beragam, hal ini disebabkan pola pembinaan MAPSI SD/MI di Wonosobo sudah cukup berkembang, tidak hanya dimonopoli SD/MI yang ada di wilayah kota, namun sudah menyebar sampai ke SD/MI di desa-desa terpencil.

Terkait prestasi, prestasi siswa-siswi asal Wonosobo di ajang ini pada tingkat Provinsi Jawa Tengah tidak terlalu mengecewakan. Tahun lalu 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu berhasil diraih kontingen Wonosobo, yakni melalui bidang mata pelajaran Agama Islam putri, cerita Islami putri, kaligrafi putri dan khitobah. Bahkan pada tahun 2012 berhasil meraih 5 medali emas dan tampil menjadi juara 3. Untuk itu, pihaknya merasa optimis tahun ini, kontingen Wonosobo bisa berprestasi lebih maksimal.

Optimisme ini diperkuat oleh salah satu peserta, Salsabilla Yuna Eka Putri asal SD 5 Wonosobo yang tampil mewakil Wonosobo kategori seni macapat Islami. Selama satu bulan ia intensif digembleng oleh para pembina dan pendamping, sehingga ia yakin meraih prestasi tinggi.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top