Tabur bunga sebagai rangkaian peringatan hari   pahlawan_1

WONOSOBOZONE - Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2015, generasi penerus diminta meneladani sifat-sifat kepahlawanan, hal ini diungkapkan Kapolres Wonosobo, AKBP.Aziz Andriansyah,S.H.,S.IK,M.Hum., saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2015, Selasa, 10 November di halaman Pendopo Kabupaten Wonosobo.

Menurut Aziz, Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema "semangat kepahlawanan adalah jiwa ragaku”, makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Apa lagi saat ini Bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, atau kekerasan terhadap anak dan perempuan. Keadaan ini jauh dari apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada generasi saat ini.

Aziz mengajak seluruh masyarakat, khususnya para generasi penerus, untuk merenungkan langkah besar bapak bangsa seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Wahid Hasyim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Mudzakkir, Agus Salim, Abikusno Tiokrosoejoso, AA Maramis dan Ahmad Subarjo yang terhimpun dalam panitia sembilan BPUPKI. Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi pancasila sebagai dasar negara, sebagai ideologi pemersatu bangsa, juga sebagai spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara.

Langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa itulah yang perlu didiseminasikan kepada seluruh rakyat indonesia untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian yang dihadapi negeri ini. Untuk itu momentum ini harus dijadikan sebagai satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi Bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat.

Meski dalam cuaca agak mendung, dalam upacara yang diikuti kompi dari POLRES, TNI, PNS, Pelajar SMP dan SMA, serta beberapa purnawirawan POLRES dan TNI, mereka tampak serius dan khidmat mengikuti upacara bendera peringatan hari pahlawan. Apalagi saat salah satu anggota Paskibra Kabupaten Wonosobo membacakan pesan-pesan perjuangan atau kata mutiara dari beberapa para Pahlawan Nasional, seperti pesan Pahlawan Nasional Pangeran Sambernyowo atau KGPAA Mangkunegoro I, yakni Rumongso Melu Handarbeni (merasa ikut memiliki), Wajib Melu Hangrungkebi (wajib ikut mempertahankan), Mulat Sariro Hangroso Wani (mawas diri dan berani bertanggung jawab), yang mana hal ini merupakan prinsip Tri Dharma yang dikembangkan oleh Mangkunegoro I, sebagai penggugah semangat kepahlawanan bagi masyarakat Indonesia agar senantiasa ingat akan jasa dan perjuangan para pendahulu bangsa.

Setelah upacara dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di TMP Wiropati, yang diikuti jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua dan anggota DRPD, dan semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top