Dina bersama Camat dan Paguyuban Kades Mojotengah memamerkan trophy dan penghargaannya

WONOSOBOZONE - Kisah hidup Dina Winatuningsih (11) sanggup membuat setiap pendengarnya trenyuh. Gadis cilik yang memiliki tanggal lahir sama dengan RA Kartini itu sudah harus hidup tanpa belaian kasih sayang seorang ibu, sejak ia masih berusia 3 tahun. Sang ibu meninggalkannya tanpa sepatah pesan pun saat ia masih benar-benar membutuhkan kehadirannya, dan kini tak diketahui rimbanya. Namun hal itu ternyata justru memotivasinya untuk berbuat sesuatu, demi memberi kebanggaan bagi Khomsatun, ibu  kandungnya yang 8 tahun lalu telah meninggalkan ia dan ayahnya. Kini, apa yang dicita-citakannya mulai mendapat secercah titik terang. Hasil kerja keras berlatih pencak silat, membuahkan medali emas dan trophy bergengsi dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dalam kejuaraan pencak silat tingkat Nasional, bertajuk Jakarta Championsip 4 2015 belum lama ini, anak tunggal Muntowi itu berhasil merebut juara pertama kategori tanding, kelas 38-40 kilogram putri.

Apresiasi dan simpati atas capaian membanggakan yang diraih Dina itu pun kini mulai mengalir. Ketika ditemui di kantor Camat Mojotengah, Senin (2/11), Dina tampak semringah. Ia bersama ayah dan guru pencak silatnya hadir di Kantor Kecamatan atas undangan dari Camat dan Paguyuban Kepala Desa se-Mojotengah. Rupanya Kristianto, selaku Camat, dan Kholiq Hidayat, Ketua Paguyuban Kades Mojotengah, tergerak untuk memberikan sebentuk penghargaan pada Dina. “Jujur, penghargaan yang kami berikan tidaklah seberapa dibandingkan dengan prestasi Dina, namun demikian kita berupaya untuk menunjukkan bahwa banyak pihak yang bersimpati padanya, serta mendorongnya untuk tetap semangat mengejar prestasi yang lebih tinggi lagi” tutur Kristianto. Penghargaan berupa sejumlah uang tersebut, dikatakan Kris juga demi memotivasi agar Dina tak lekas berpuas diri atas prestasi yang baru didapatnya. “Semoga ke depan semakin bersemangat berlatih, meski sarana pendukung di sekolah, maupun di desa masih sangat terbatas,” harap Ketua paguyuban Kades, Kholiq Hidayat.

Senada, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dikbudpora Mojotengah, Subarjo pun mengaku sangat bangga atas hasil yang diraih siswi kelas 6 SD Negeri Wonokromo tersebut. Meski berasal dari Wonokromo, yang notabene merupakan desa pelosok, Dina disebut Subarjo pantang menyerah. “Kini jalan menuju masa depannya terbuka lebar, sehingga Dina bisa mulai menatap cita-citanya lebih terang,” jelas Subarjo. Ia pun berharap, Muntowi yang kini berperan sebagai orang tua tunggal bagi Dina, selalu mendorong putrinya agar mengejar impian, dan melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. “Banyak sekolah yang telah bersedia memberikan beasiswa pendidikan mengingat prestasinya yang telah mengharumkan nama Wonosobo di kancah pencak silat nasional,” jelas Subarjo. Andai prestasi tersebut bisa ditingkatkannya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Subarjo meyakini untuk melanjutkan sekolah hingga ke perguruan tinggi pun, orang tua Dina tak lagi harus memusingkan biayanya.

Dorongan dan optimisme banyak pihak atas masa depan penyuka Badminton tersebut diamini pula oleh guru sekaligus pelatihnya, Festi Sessiyanti. “Dina ini, selain memiliki semangat luar biasa dalam menekuni pencak silat, juga merupakan siswa berprestasi di sekolah,” terang Festi, yang 4 tahun terakhir melatih Dina di perguruan silat Tapak Suci. “Satu hal yang membuat saya juga sangat bersemangat, selain selalu berada di rangking 5 besar di kelas, Dina memiliki cita-cita yang sungguh mulia, yaitu tetap ingin memberikan kebanggaan bagi ibunda nya, meski ia telah ditinggalkan sejak masih berusia 3 tahun,” beber Festi. Ke depan, Festi mengaku siap untuk terus mendampingi Dina demi menggenjot prestasinya, meski kelak telah berada di bangku SMP. “Banyak SMP yang telah bersiap untuk menerima Dina sebagai anak didik, sekaligus memberikan beasiswa hingga lulus,” pungkas Festi.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top