Sekda saat serahkan berbagai penghargaan juara   lomba

WONOSOBOZONE - Peringatan Hari Kesehatan ke 51 tahun ini sengaja digelar di rumah sakit, tepatnya di Rumah Sakit Islam Wonosobo, Kamis, 12 November 2015. Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, Eko Sutrisno Wibowo, dipilihnya rumah sakit sebagai tempat upacara peringatan hari kesehatan, diharapkan bisa menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus diberikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara umum dan Wonosobo secara khusus.

Selain itu, Eko juga meminta, melalui peringatan hari kesehatan kali ini, menjadi ajang perenungan kembali upaya-upaya terbaik yang bisa dilakukan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya sebagaimana tujuan pembangunan kesehatan yang kita harapkan.

Tema yang diangkat tahun ini sendiri adalah “generasi cinta sehat siap membangun negeri”. Tema ini menurutnya, harus dimaknai secara lebih luas, yakni pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, sekaligus perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat dan memberikan tanggungjawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. karena sehat adalah milik semua pihak dan tidak pandang usia sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat.

Tinggal landas MDGs tahun ini, harus menjadi tonggak penting bagi semua pihak untuk menyambut era pembangunan secara berkelanjutan. Semua pihak perlu memperbaiki cara kerja untuk dapat mencapai hasil pembangunan kesehatan yang lebih baik.
Oleh karena itu, pada peringatan HKN ke-51 diperingati dengan meletakkan dasar-dasar yang kokoh untuk upaya promotif dan preventif secara bersama-sama, sekaligus menerapkan nilai revolusi mental yaitu bekerja dengan penuh integritas, etos kerja yang tinggi dan semangat gotong royong.

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) juga harus dimasyarakatkan agar benar-benar menjadi budaya sehat Bangsa Indonesia. Perilaku hidup bersih dan sehat hendaknya ditanamkan sejak usia dini agar tumbuh mengakar menjadi budaya masyarakat. Akselerasi pembangunan kesehatan yang optimal dicapai dengan kerjasama berbagai elemen masyarakat baik pemerintah, maupun pemerintah daerah, serta masyarakat itu sendiri dan dunia usaha.

Selain itu, peringatan HKN ke-51 diharapkan juga menjadi wahana mensosialisasikan kebijakan pembangunan berwasasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan, serta pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) bidang kesehatan, agar mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumberdaya dari seluruh jajaran pemerintah di pusat maupun daerah, guna mensukseskan pembangunan kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan bantuan bagi siswa-siswi SD, SMP dan SMA kurang mampu, serta berbagai penghargaan rangkaiaan lomba peringatan hari kesehatan, seperti lomba desa/kelurahan siaga aktif tingkat kabupaten yang diraih desa Medono Kaliwiro, juara jambore pos kesehatan pondok pesantren yang diraih ponpes Tanbihul Ghofilin Sambek, juara lomba LCC Forum Kesehatan Desa yang diraih desa Keseneng Mojotengah, serta lomba penyuluhan Forum Kesehatan Desa yang diraih desa Kalialang Kalibawang. 

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top