Pj Bupati tandatangani prasasti peluncuran TAWON

WONOSOBOZONE - Kapolres Wonosobo, AKBP Aziz Andriansyah menegaskan jajaran kepolisian kini lebih mengedepankan pencegahan dini (preemptif), dalam mengupayakan penanggulangan tindak kejahatan. Hal itu menurutnya sesuai tuntutan zaman, setelah era lampau, dimana tindak represif lebih sering diambil. "Perubahan paradigma di kepolisian menuntut kami agar lebih mengutamakan upaya pencegahan mulai dari pre emptif, kemudian preventif, dan baru mengambil langkah represif bilamana kejahatan sudah terjadi ," terang Aziz di acara peluncuran media baru, Tabloid Wonosobo di Kresna Garden Resto, Rabu malam (3/2).

Salah satu bentuk tindak pencegahan dini tersebut, dikatakan Aziz adalah upaya sosialisasi di masyarakat. "Selain rutin menyosialisasikan secara langsung di tengah warga masyarakat, kami mengambil langkah mengajak seluruh komponen dan elemen masyarakat untuk senantiasa berpikir positif lewat media," lanjut Kapolres. Media cetak, seperti Tabloid Wonosobo menurut Aziz akan sangat efektif dalam mempengaruhi pola pikir pembacanya. "Dengan menyajikan berita-berita inspiratif dan bersifat membangun, tabloid Wonosobo (TAWON) akan membawa pengaruh positif untuk para pembacanya," ungkap Aziz. Pola pikir positif itulah, yang disebut Aziz akan mampu membawa warga masyarakat untuk tak lagi memiliki pemikiran jahat.

Upaya Polres untuk mengedukasi masyarakat melalui media, disambut positif wartawan senior Wonosobo, Sudarman. Media cetak, dikatakan Sudarman memang tak dapat dipungkiri memiliki andil dalam membentuk cara berpikir masyarakat. Karena itulah, hadirnya TAWON yang diinisiasi Polres, menurutnya layak mendapat apresiasi. "Pemberitaan yang sifatnya membangun atau konstruktif, akan mampu memberi efek positif untuk pembaca," beber Sudarman. Selain itu, dengan munculnya media informasi baru Sudarman mengakui hal itu juga menuntut jurnalis agar lebih kreatif dalam menyajikan berita.

Senada, Penjabat Bupati Wonosobo Satriyo Hidayat pun menyebut, terbitnya TAWON selayaknya disambut positif. "Semakin banyak media, akan membuka keran informasi bagi masyarakat, sehingga program-program pemerintah dalam rangka mengupayakan peningkatan kesejahteraan pun dapat tersampaikan lebih cepat," ungkap Satriyo. Harapan agar TAWON mampu menjadi inspirasi positif yang membangun pola pikir masyarakat, disebut Pj Bupati perlu didukung semua pihak. Pemkab, dikatakan Satriyo, akan mendukung upaya-upaya untuk menjaga semangat warga Wonosobo untuk senantiasa  berkontribusi positif, termasuk melalui penyebarluasan informasi inspiratif di media.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top