kemasan dan harga Cool Carica sangat menarik dan terjangkau konsumen

WONOSOBOZONE - Generasi era modern akhir-akhir ini kerap dibuai oleh kesuksesan berkarir di perusahaan maupun instansi bergengsi. Semakin terlena lagi ketika nama perusahaan mereka telah bergaung di lingkup Nasional, bahkan Internasional, terlebih ketika gaji yang diterima dirasa telah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup khas anak muda. Namun, hal itu ternyata tak berlaku bagi seorang Wahyu Adi Prabowo (32), pemuda asli Kampung Mekarsari, Kelurahan Jaraksari, Wonosobo. Meski telah mapan menjabat sebagai Kepala Cabang di sebuah perusahaan otomotif skala Nasional, pria dengan panggilan akrab Iyud itu lebih memilih pulang kampung dan merintis usaha sendiri. Memanfaatkan potensi lokal khas Wonosobo, ia bersama sang istri Enggrid Sensita (27) memilih membuka usaha pembuatan sirup Carica.

Nama Cool Carica pun dipilih demi memberi kesan segar kepada siapapun yang meminum  dan menikmatinya. Garasi rumah orang tua di Jalan Ki Hajar Dewantara, atau dulu biasa dikenal dengan Jalan Tata Bumi Blok E Nomor 9 oleh Iyud disulap menjadi pabrik kecil yang kini telah mampu mengolah tak kurang dari 1 kwintal buah carica setiap harinya. “Kami mengawali usaha ini baru 10 bulan yang lalu, atau tepatnya pada Bulan Maret 2015,” jelas Iyud ketika ditemui di pabrik cool Carica, Rabu (3/2). Sebelum itu, hampir selama 1 tahun ia berupaya mendapatkan ijin usaha rumah tangga (IURT) dari Dinas terkait. Setelah ijin diperoleh itulah, selama 10 bulan terkahir, ia bersama sang istri berusaha meyakinkan banyak pihak akan kualitas cool carica buatannya. “Awalnya kami mencoba untuk memasarkan ke area Kota Wonosobo, tapi ternyata kompetisinya sudah sangat ketat, sehingga kami memilih untuk lebih gencar ke luar daerah,” jelas Iyud. Dari jejaring yang ia miliki di Semarang, Bandung, Jogjakarta hingga Solo, ternyata penerimaan sirup carica hasil olahannya cukup bagus. “Akhirnya hasil produksi cool carica kami sering habis untuk memenuhi pesanan dari distributor di Kota-kota itu,” terang alumni SMA Negeri 1 Wonosobo Tahun 2002 itu.

Pemasaran dengan didukung pola promosi, baik melalui pameran maupun secara online diakui Iyud sangat efektif. “Setelah cukup mapan dengan pasar cool carica, kemudian menjalin kerjasama dengan teman dari Jogja untuk membuat produk lain berupa kurcok (kurma coklat),” tambah Enggrid. Pola saling melengkapi produk antara cool carica dengan kurcok ternyata sampai saat ini cukup bisa diterima konsumen. “Baik cool carica maupun kurcok saat ini sudah mulai merambah supermarket besar, seperti Toserba Yogya, yang memiliki puluhan cabang di Kota Bandung,” ungkap pria yang menyandang gelar sarjana ekonomi dari Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta itu. Melihat pangsa pasar di Wonosobo, yang menurutnya masih terbuka lebar dan didukung dengan iklim pariwisata yang kini semakin bergairah, Iyud dan Enggrid pun berniat melebarkan saya usaha ke beberapa produk lainnya. “Rencananya dalam waktu dekat ini kami akan mencoba mengola purwaceng, namun dalam kemasan yang agak berbeda dan sangat memenuhi selera konsumen,” sebut Iyud memaparkan keinginan masa depan usahanya. Ia dan istri menargetkan paling tidak dalam 5 tahun ke depan, usahanya telah berkembang.

Melihat ketekunan dan semangat pasangan muda Iyud dan Enggrid, Kepala Kantor Pariwisata dan EKonomi Kreatif, Agus Purnomo mengaku sangat bangga. “Iyud dan Enggrid ini bisa menjadi teladan bagi generasi muda Wonosobo lainnya, agar tak mudah patah semangat dalam mengusahakan kehidupan yang lebih baik,” jelas Agus yang mengaku tertarik untuk meninjau langsung usaha cool carica setelah mencoba sendiri rasa sirupnya. “Rasa cool carica memang segar dan cukup menunjukkan perbedaan signifikan dengan olahan sejenis,” terang Agus. Kepada Wahyu dan istrinya, Agus berharap agar mereka terus maju dan berinovasi untuk menelurkan produk-produk baru yang bisa diterima pasar. “Kami dari Kanparekraf akan berupaya memfasilitasi dengan mengajak mereka mengikuti berbagai pameran di skala Provinsi maupun Nasional,” pungkas Agus.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top