Amin Suradi saat menerima kunker Komisi E

WONOSOBOZONE - Pemerintah Kabupaten Wonosobo komit wujudkan Wonosobo kota pusaka, hal ini diungkapkan Asisten Pembangunan Sekda, Amin Suradi, saat menerima kunjungan kerja komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, di ruang Tjokrohadisoeryo Setda, Selasa, 2 Februari.

Komitmen ini disampaikan, untuk menjawab pertanyaan dari salah satu anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang menanyakan kesiapan Pemkab Wonosobo dalam mengelola benda cagar budaya yang dikaitkan dengan pengelolaan wisata purbakala.

Menurut Amin, program Wonosobo kota pusaka nantinya akan diproyeksikan, selain untuk memelihara keberadaan benda cagar budaya di Wonosobo, juga untuk menunjang pariwisata.

Didukung oleh panorama alam yang indah, potensi budaya memikat, serta produk unggulan daerah yang khas, menjadikan Kabupaten Wonosobo sebagai daerah kujungan wisata ke dua di Jawa Tengah, dengan jumlah wisatawan mencapai 870.000 dan 5.500 di antaranya wisatawan mancanegara, serta telah berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah sebesar 3 Milyar Rupiah pada Tahun 2015. Jumlah wisatawan tersebut diproyeksikan akan mencapai angka 1.500.000 kunjungan pada Tahun 2020 mendatang serta menyumbangkan 5 Milyar Rupiah lebih bagi pendapatan asli daerah.

Terkait hal ini, maka pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Wonosobo terus diupayakan dengan kebijakan melestarikan nilai-nilai budaya, kelestarian obyek wisata terutama cagar budaya, kelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat , yang mana pengembangan pariwisata diprioritaskan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat setempat.

Strategi yang ditempuh pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk pengembangan pariwisata antara lain mengidentifikasi dan menggali potensi obyek daya tarik wisata (ODTW), menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, serta perbaikan citra (Image) dan revitalisasi produk wisata.

Amin juga menyampaikan, bahwa secara geografis, sosio-kultural dan historis Wilayah Wonosobo tidak dapat dipisahkan dengan Pulau Jawa, yang memiliki keragaman dan kekayaan budaya baik yang berujud (Tangible) dan tak benda (Intangible), dengan warisan budaya berupa prasasti, lukisan, artefak, candi, arca, bangunan maupun naskah kuno, yang berasal dari zaman pra-sejarah, zaman sejarah, zaman kerajaan, serta zaman penyebaran agama.

Terkait dengan hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Wonosobo terus berupaya merevitalisasi peradaban Jawa yang terpenggal, sebagai suatu icon baru untuk dikenal sepanjang masa, berupaya melestarikan budaya Jawa dan pemanfaatannya melalui kegiatan museum peradaban Jawa, mengangkat kebudayaan yang bermuatan kearifan lokal dan menjadikan peradaban Jawa sebagai bagian dasar kebudayaan nasional, serta sebagai pusat studi dan kajian Javanologi. Pendirian Museum Peradaban Jawa yang akan menjadi penguat Wonosobo kota pusaka, nantinya akan menjadi wahana ekspresi budaya, berorientasi kebudayaan Jawa, sekaligus sebagai salah satu program pengembangan kebudayaan Indonesia.

Hasan Asyari dari Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, sagat berharap, agar Wonosobo segera menyusun regulasi terkait pengelolaan benda cagar budaya, dalam bentuk Peraturan Daerah, sehingga bisa melindungi dan mengatur keberadaan benda cagar budaya di Wonosobo sekaligus bisa menunjang wisata purbakala di Wonosobo melalui program Wonosobo Kota Pusaka, yang MOU nya sudah dilaksanakan dengan Kementerian PU Dirjen Cipta Karya Desember tahun 2015, melalui Program Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka.

Sementara karyawan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Kusmedi, menyampaikan sesuai data yang telah diinventarisir pihaknya di Wonosobo ada 132 benda cagar budaya yang dilindungi Undang-Undang, yang tersebar di 8 kecamatan, yakni Selomerto, Leksono, Wonosobo, Kertek, Mojotengah, Wadaslintang, Garung, Sapuran dan Kejajar. Benda cagar budaya ini berupa bangunan yang sebagian besar ada di kota Wonosobo, serta berupa benda seperti potongan candi, yoni, menhir dan arca serta beberapa berbentuk situs.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top