Berkas Jamkesda bisa diambil tanpa menunggu terlalu lama

WONOSOBOZONE - Cepatnya pelayanan persetujuan rekomendasi jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) selama 3 bulan terakhir mendapat apresiasi dari warga masyarakat. Para pemohon rekomendasi mengaku puas karena mereka tak perlu menunggu hingga hari berganti untuk mengambil kembali berkas yang telah ditandatangani Bupati. “Pengambilan berkas bisa ditunggu, karena kini ternyata bisa selesai dalam hitungan jam, bahkan saya baru memasukkan jam 9.00 pagi, sudah disms untuk mengambil kembali sekitar pukul 11.00,” kata Suyatno Ahmad Waryanto, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) ketika ditemui tengah mengambil berkas, Senin (15/2).

Diakui Suyatno, kecepatan pelayanan rekomendasi jamkesda tersebut sangat memudahkan para pasien yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit. “Semakin cepat mendapat rekomendasi Jamkesda, pasien maupun keluarga tentu merasa lebih tenang, sehingga menjadi sugesti bagi penyembuhan penyakit nya,” terang peraih gelar PSM teladan Nasional 2014 itu. Ia berharap agar cepatnya pelayanan rekomendasi Jamkesda itu bisa dipertahankan oleh Bupati terpilih mendatang. “Setahu saya memang saat ini pemerintahan di bawah Penjabat Bupati, tapi dengan pelayanan Jamkesda yang memuaskan, tentu kami berharap agar nanti setelah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati baru, tetap bisa dipertahankan,” tegas pria asal Desa Bejiarum Kertek itu.

Cepatnya layanan Jamkesda di Kantor Bupati saat ini, menurut Surya Widha, Komandan satuan pengamanan Setda, tak lepas dari perhatian penuh Pj Bupati, Satriyo Hidayat. “Setiap pagi, sebelum naik ke ruang kerja Pak Pj Bupati selalu menanyakan apakah ada berkas permohonan Jamkesda yang harus ditandatangani atau tidak,” jelas Surya. Apabila berkas yang diajukan sudah lengkap, Surya mengaku Pj Bupati bahkan sering langsung memberikan tandatangan tanpa menunggu dibawa ke ruang kerjanya. “Asal sudah lengkap, ada surat permohonan dari keluarga yang bersangkutan, surat keterangan rawat inap dari RSU, Surat keterangan tidak mampu dari Kades / Lurah, serta fotocopy KTP dan KK, maka lembar persetujuan Bupati pasti langsung ditandatangani,” beber Surya.

Tak hanya dari Suyatno, apresiasi atas perhatian Pj Bupati terhadap pemohon Jamkesda juga datang langsung dari warga. Restu (35) pemohon Jamkesda dari Mojotengah mengakui ia tak lagi menunggu sms pemberitahuan mengenai telah disetujuinya permohonan selama berhari-hari. “Tidak sampai satu hari, saya sudah disms oleh petugas untuk mengambil berkas, sehingga sangat membantu keluarga kami yang tengah kesulitan,” kata Restu. Seperti halnya Suyatno, Restu juga berharap pelayanan permohonan Jamkesda di Pemkab Wonosobo akan tetap bagus di masa kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati Wonosobo yang baru.

Source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top