Pelepasan Jamaah Calon Haji di Pendopo Wonosobo

WONOSOBOZONE - 2 kelompok terbang (Kloter) terakhir jamaah calon haji dari Kabupaten Wonosobo akhirnya berangkat ke tanah suci. Setelah kloter 34 yang berangkat pada 20 Agustus lalu, Selasa (30/8), sebanyak 318 calon haji yang terbagi dalam kloter 59 dan Kloter 60 diberangkatkan. Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Wonosobo, Totok Jumantoro menyebut keberangkatan ke-318 calon haji Wonosobo diiringi berita melegakan. "Kami sampaikan kepada seluruh jamaah bahwa visa yang selama ini kita nantikan bersama telah selesai dengan tuntas pengurusannya dan siap dipergunakan," jelas Totok seusai pemberangkatan kloter 59 di Pendopo Kabupaten.

Untuk 220 calhaj di Kloter 60, yang berangkat pada Rabu dinihari pukul 01.30 WIB, Totok juga mengatakan, visa sudah disiapkan di asrama haji Donohudan, Boyolali. Dengan telah tuntasnya urusan visa seluruh jamaah calon haji Wonosobo, Totok mengaku sangat lega, mengingat permasalahan visa bagi para jamaah haji memang sempat terkendala secara Nasional.

Rasa syukur terkait lancarnya proses yang mesti dilalui para calon haji Wonosobo juga diungkap Kepala Kantor Kemenag, H Muhtadin. Menurut Muhtadin, visa bagi 673 calon haji asal Wonosobo merupakan syarat mutlak demi terlaksananya prosesi ibadah di tanah suci. "Tanpa visa, mereka tidak akan bisa berangkat ke Arab Saudi untuk berhaji, sehingga jelas prosesi ibadah pun tak akan bisa dijalani sebagai mana mestinya," ungkapnya. Selain kelancaran terkait visa, Muhtadin juga mengaku sangat mensyukuri tidak adanya kendala teknis seperti jamaah tiba-tiba sakit sehingga batal berangkat. Begitu pula dengan pemondokan jamaah, Muhtadin menyebut kedua kloter tersebut bakal menginap dekat dengan Masjidil Haram, tepatnya di Maktab 31, wilayah Jarwal. Untuk 2 kloter terakhir, baik 59 maupun 60, Muhtadin menjelaskan bahwa mereka bakal bergabung dengan kloter dari Kabupaten lain. "98 orang calhaj di Kloter 59 bakal bergabung dengan calhaj dari Kabupaten dan Kota Magelang," lanjutnya. Muhtadin berharap seluruh jamaah haji asal Wonosobo benar-benar mampu menjalani semua prosesi ibadah baik wajib maupun sunah selama berada di tanah suci, dan kembali ke tanah air dalam kesadaran sehat dan menyandang predikat Mabrur.


Senada, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo yang bersama Sekda melepas para calon haji mengaku sangat berharap 673 orang calon haji, baik yang saat ini sudah berada di Makkah maupun yang tengah bertolak menuju tanah suci senantiasa diberikan keselamatan. "Semoga para calon tamu Alloh ini selalu sehat, sehingga mampu menjalani seluruh kewajiban mereka hingga pada saat nya kelak pulang kembali dalam keadaan Mabrur," harap Eko. Kepada para jamaah, Eko juga meminta agar mereka senantiasa bersyukur dan banyak bersabar saat berada di Arab Saudi. "Masih banyak di antara saudara - saudara kita yang meski memiliki kemampuan, belum bisa menunaikan ibadah haji, sehingga kesempatan untuk berhaji ini layak untuk disyukuri sepenuh hati," pungkas Bupati.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top