Bimbingan Teknis Pengelolaan Pasar Desa

WONOSOBOZONEPengelola pasar desa diminta lebih kreatif, hal ini disampaikan Plt. Kasi Perdagangan Kantor Perindag Wonosobo, Oman Yanto pada acara diklat pasar desa yang mengambil topik manajemen pengelolaan pasar desa, yang diselanggarakan bersama Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Wonosobo pekan kemarin.

Menurutnya, pola hidup konsumtif dan hedonis masyarakat sekarang sudah merambah ke wilayah pedesaan, yang akan semakin memperparah eksistensi pasar desa. Untuk itu semua pengola pasar desa diminta bisa memahami tata cara mengelola pasar desa.

Pasar desa sendiri sangat penting untuk dilakukan revitalisasi, agar bisa tertata dengan baik. Penataan terkait dengan statuta pasar, manajemen pasar, keamanan pasar, kebersihan pasar termasuk zonasi yang akan menentukan tertarik tidaknya konsumen untuk masuk pasar desa.

Potensi hasil pertanian baik berupa buah-buahan maupun sayuran, sebaiknya dijual di pasar desa. Hal ini untuk meramaikan pasar agar bisa lebih banyak proses transaksi antara pedagang dan pembeli.

Pengurus harus mencari kegiatan inovatif, misalnya dengan cara mengadakan kegiatan lomba desa atau kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan masyarakat banyak agar difokuskan di lokasi pasar. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya memancing konsumen, agar mau mengunjungi pasar desa.

Fungsi pasar desa sendiri sebagai tempat untuk memajukan tingkat ekonomi masyarakat desa dengan cara memboyong semua hasil pertanian yang dihasilkan oleh petani di desa, yang bisa dinikmati oleh masyarakat dengan bertransaksi di pasar. Sehingga tenaga kerja akan bertambah dan akan mengurangi urbanisasi. Kesan kumuh, becek,kotor, dan predikat lain yang melekat di pasar desa harus dibuang jauh-jauh sehingga tidak menjauhkan pasar dengan konsumen.

Oman menekankan, yang terpenting disini adalah bagaimana pengelola berperan, agar pasar desa bisa lebih tertata dengan zonasi yang baik, tertata rapih, bersih dan aman seperti pasar modern. Pasar desa harus meniru pasar modern dalam hal kebersihan, kerapihan dan keindahan. Tapi tetap tidak boleh menghilangkan ciri khas pasar desa, yaitu adanya unsur tawar menawar dalam proses bertransksi. Diharapkan kedepan pasar desa bisa lebih baik dari sekarang.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top