WONOSOBOZONE -  Kabupaten Purworejo belajar pengelolaan pengelolaan potensi wisata wilayah perbatasan di Wonosobo, Rabu, 31 Agustus. Rombongan diterima Asisten Pemerintahan Setda Wonosobo, M.Aziz Wijaya, di ruang transit Setda.

Menurut Asisten Pemerintahan Kabupaten Purworejo, Purwanto, study banding bertujuan untuk mempelajari solusi mengatasi berbagai permasalahan pengelolaan potensi wisata di wilayah perbatasan, utamanya di wilayah Dieng, yang ada di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara. Hal ini perlu dilakukan, mengingat wilayah Purworejo berbatasan langsung dengan Kabupaten Kulonprogo Provinsi DIY, yang memiliki potensi wisata pantai Glagah, dan sebentar lagi akan dibangun Bandara, yang mana hal ini berakibat akan digesernya obyek wisata pantai Glagah, ke obyek wisata baru hutan mangrove Pasir Mendit, yang secara administratif berada di perbatasan Kabupaten Purworejo dan Provinsi DIY.

Menanggapi hal ini, Asisten Pemerintahan Setda Wonosobo, M.Aziz Wijaya, menyampaikan kerjasama antar daerah sangat diperlukan, khususnya dalam pengelolaan obyek wisata, agar tidak ada pihak yang dirugikan. Adapun kebijakan dan kegiatan kerjasama antar daerah, diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana tercantum dalam Pasal 363 ayat 1 Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang disebutkan bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, daerah dapat mengadakan kerja sama dengan daerah lain, yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta  saling menguntungkan.

Hal ini mengisyaratkan, bahwa kemandirian daerah tidak bersifat mutlak atau dengan kata lain tetap membutuhkan keterlibatan daerah lain, yang mana kebijakan umum dalam penyelenggaraan kerja sama antar daerah adalah mensinergikan kemampuan daerah dalam rangka pengembangan potensi dan penyelesaian permasalahan yang ada di antara kedua belah pihak.

Terkait hal ini, Pemkab Wonosobo telah menguatkan kelembagaan Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah, yang telah dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Wonosobo Nomor 130/43/2014 tanggal 3 Desember 2014 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah Kabupaten Wonosobo.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo, terkait dengan pelaksanaan kerja sama antar daerah adalah kerjasama pengelolaan Dieng. Kerjasama pengelolaan kawasan Dieng antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, telah diatur dalam perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara nomor 227/4/2012 dan nomor 08/PKS/V/35 tahun 2012 tanggal 15 Mei 2012 tentang Pengelolaan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Adanya kesepakatan tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada para pengunjung.

Kerjasama pengelolaan Dieng ini diantaranya berupa karcis masuk terusan di kawasan wisata dataran tinggi Dieng, yang memudahkan bagi pengunjung, karena cukup membayar karcis satu kali, tapi sudah bisa menikmati semua objek yang ada, baik yang ada di wilayah Wonosobo maupun Banjarnegara. Dengan cara ini kedua belah pihak diuntungkan, pengunjung tidak perlu repot membayar karcis berkali-kali sedangkan bagi pemerintah cara ini lebih efektif dan efisien. Cukup mencetak 1 karcis untuk semua objek wisata.

Sementara itu, Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo, menyampaikan bahwa pengelolaan potensi wisata selama ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi dan menggali potensi obyek daya tarik wisata, revitalisasi produk wisata serta menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk di dalamnya menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam pengelolaan potensi wisata di wilayah perbatasan Wonosobo dengan Banjarnegara, melalui penandatanganan kesepakatan antara Gubernur Jawa Tengah dengan Bupati Wonosobo dan Bupati Banjarnegara pada tahun 2005, tentang pengembangan kepariwisataan di kawasan wisata dataran tinggi Dieng, sekaligus menjalin kemitraan dengan pemerintah pusat, dalam pengembangan Kawasan Dieng menjadi kawasan Geopark, yang berbasis konservasi, pariwisata dan edukasi.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top