WONOSOBOZONE - Pemerintah Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI) kembali menyelenggarakan Bakti Sosial, berupa operasi katarak massal tanpa biaya alias gratis. Kepastian terkait hal itu diungkapkan oleh dr. Faisal Lutfi SpM, seusai rapat koordinasi dengan perwakilan Instansi terkait, di Ruang Melati RSUD Setjonegoro, Selasa (30/8). Faisal menjelaskan, gelaran operasi katarak massal yang direncanakan pada Minggu, 6 November 2016 tersebut menjadi bagian dari agenda HUT Wonosobo ke 191 dan Hari Kesehatan Nasional ke 50.

"Sasarannya adalah warga tak mampu yang selama ini belum terlindungi jaminan kesehatan, baik Jamkesda maupun BPJS," terang Faisal. Untuk jumlah pasien yang ditargetkan mengikuti operasi massal, Faisal mengaku tim medis dari Perdami Jogja siap mengoperasi 50 orang. "Satu orang pasien, satu mata agar ada pemerataan dengan pasien lain dan antisipasi terjadi nya infeksi pascaoperasi," lanjutnya. Bagi pasien yang katarak pada dua matanya, Faisal mengaku akan memprioritaskan satu mata yang kondisinya lebih berat. Pihaknya juga mensyaratkan bagi para peminat operasi katarak gratis, agar menjaga kadar gula darah karena pada saat operasi, kadar gula tak boleh melebihi 200 mg/dl dan tensi maksimal adalah 150/90 mmHg.


Syarat lain yang mesti dipenuhi peserta operasi katarak gratis, dijelaskan oleh Kepala Bagian Umum RSUD Setjonegoro, Umi Mardiyah. Menurut Umi, peserta yang berminat untuk mengikuti operasi katarak gratis bisa mendaftar di Puskesmas terdekat mereka. "Cukup membawa foto copy KTP dan Fotocopy KK saat mendaftar sebagai syarat administratif," jelasnya. Dalam semua proses hingga saat operasi, Umi menegaskan pasien tidak perlu membayar sepeserpun, bahkan sampai pada pasca operasi, dimana pasien perlu kontrol di RSUD Setjonegoro.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top