WONOSOBOZONE -  Guna antisipasi dini dan cegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah, SMK N I Sukoharjo menggelar Test Urine terhadap siswa-siswinya, menggandeng Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Satuan Narkoba Polres Wonosobo serta Puskesmas dan Pemerintah Kecamatan setempat.
            
Menurut Kepala Sekolah SMK I Sukoharjo, Ainur Rojik, kegiatan ini dilakukan karena kecintaan, kasih sayang dan tanggung jawab sekolah terhadap siswanya demi melindungi dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Hal ini sekaligus menjadi program yang didasarkan pada hasil koordinasi warga sekolah, karena tanggungjawab terhadap perlindungan siswa, khususnya antisipasi dini penyalahgunaan narkoba melalui test urine yang akan digelar secara periodik.

Menurut Kasi Bina Ketahanan Sosial Budaya Kesbang Wonosobo, Giyono, test ini dilakukan sebagai salah satu upaya pihaknya untuk menekan dan memutus peredaran narkoba di kalangan pelajar. Disinyalir barang terlarang tersebut sudah merambah ke dunia pendidikan. Tak jarang, pelajar bertindak sebagai pengguna bahkan menjadi pengedar.

Menurutnya, tindakan seperti ini memang menjadi target pihaknya bersama pihak terkait untuk memberantas peredaran narkoba di kalangan pelajar, dengan menggelar operasi ke setiap sekolah, terutama jika ada informasi terkait peredaran yang merebak di tengah pelajar dan butuh ditindaklanjuti segera.

Giyono menambahkan, hal ini juga dilakukan supaya pihak sekolah maupun orang tua bisa cepat tanggap, terutama pada perubahan karakter anak yang tidak wajar. Jika sudah keluar dari perilaku seperti biasanya, guru ataupun orang tua harus cepat mengantisipasinya, sebab saat ini tidak dipungkiri, bahwa praktik peredaran narkoba sudah melibatkan para remaja yang sebagian besar masih tercatat sebagai pelajar.

Terkait test semacam ini, pihaknya mengaku akan terus melakukan kegiatan serupa supaya peredaran narkoba di masyarakat bisa ditekan, sehingga barang terlarang itu tidak lagi digunakan dan dijualbelikan.

Sebelum test urine dilaksanakan, siswa dikumpulkan di aula sekolah untuk mengikuti sosialisasi tentang narkoba oleh tim dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan selanjutnya.Test urine sendiri langsung dipimpin Kasat Narkoba Polres, AKP Denny Haryanto, dengan sasaran semua siswa kelas XII sebanyak 170 siswa atau 7 Kelas. Tujuan utama adalah untuk mengetahui ada tidaknya siswa yang memakai narkoba. Dalam test kali ini tidak ditemukan adanya siswa yang memakai narkoba.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top