Sigelap mulai jadi ajang Selfie populer (Foto oleh Agung Wiera)

WONOSOBOZONE - Objek wisata dengan panorama menawan bertebaran di seantero Wonosobo. Salah satu yang kini banyak didatangi pengunjung adalah lembah Sigelap, di Desa Kreo, Kecamatan Kejajar. Di lembah tersebut, dibangun sebuah bendungan kecil / Dam di aliran sungai Serayu, sebagai sumber air untuk Telaga Menjer. Keberadaan dam yang dibangun sejak era kolonial Belanda itulah yang kemudian membuat jurang sedalam sekitar 150 meter itu akhirnya menampakkan panorama indah, termasuk membentuk batuan bertekstur unik.

Keunikan Sigelap bahkan disebut Agung Wiera, fotografer senior Wonosobo layak untuk dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding (pranikah). “Foto yang diambil di atas batuan yang berada di bawah dam akan tampak luar biasa, karena dukungan pepohonan nan hijau di sekitarnya,” jelas Agung ketika mengunjungi Sigelap bersama Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wonosobo, Agus Purnomo, Rabu (27/1). Tak hanya di bebatuan, pengambilan foto dari sudut pandang yang tepat di jembatan maupun di ratusan anak tangga menuju lembah juga bisa menghasilkan gambar yang menakjubkan. “Jalan turun dari Pos pemantauan ke lembah sigelap yang terdiri dari ratusan anak tangga juga bagus sebagai lokasi untuk berfoto,” terang Agung.

Dengan keindahan panorama tersebut, tak heran Dam Sigelap kini banyak menjadi incaran para remaja dari sekitar Kejajar untuk berswafoto. Terlebih, untuk memasuki area lembah Sigelap, hingga kini pengunjung belum dipungut retribusi. “Pengunjung yang datang ke area Sigelap setiap hari memang selalu ada, terutama kalangan remaja,” jelas Djalil, Kepala Dusun Kreo yang turut mendampingi Kepala Kanparekraf meninjau Sigelap. Pengunjung, menurut Djalil memang tak dipungut biaya untuk menikmati keindahan panorama di area milik PLTA Garung itu, namun demikian ia berupaya mengimbau agar mereka lebih berhati-hati ketika berada di lembah dan aliran sungai serayu. “Di musim penghujan seperti ini, aliran sungai bisa tiba-tiba meluap tak terkendali, sehingga berpotensi membahayakan pengunjung,” jelas Djalil. Setiap pengunjung, dikatakan Djalil diwajibkan untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan dan dipasang beberapa titik.

Melihat potensi Sigelap, Kepala Kanparekraf Agus Purnomo mengaku sangat terkesan. Menurut Agus, dengan sedikit pembenahan lembah Sigelap bakal jadi salah satu destinasi wisata alam yang populer. “Keindahan Sigelap sudah terasa sejak perjalanan dari arah Kejajar maupun dari arah Telaga Menjer,” jelas Agus. Di sepanjang jalan menuju lembah Sigelap, pengunjung memang disuguhi dengan keindahan bentang perkebunan teh milik PT Tambi. “Kelak, lembah Sigelap ini bakal sangat menunjang objek wisata Telaga Menjer maupun kawasan Dieng, mengingat posisinya yang berada di pertengahan,” pungkas Agus.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top