Gafatar dianggap menyimpang (Foto: twitter/gafatarbabel)

WONOSOBOZONE - Organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang tengah menjadi isu nasional, ternyata pernah menyambangi Wonosobo. Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Wonosobo, Didiek Wibawanto mengungkapkan hal tersebut ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/1). Namun demikian, Didiek menyebut Gafatar belum mendaftarkan diri secara resmi sebagai organisasi maupun cabang organisasi yang beraktifitas di Wonosobo. Penegasan terkait status Gafatar di Wonosobo juga disampaikan Kepala Seksi Bina Ketahanan Sosial dan Budaya Kesbangpol, Giyono.

“Terkait Gafatar, kami memang pernah menerima silaturahmi dari mereka jauh sebelum isu terkait organisasi ini mencuat,” jelas Giyono. Sejauh ini, Giyono mengatakan bahwa organisasi tersebut juga belum terindikasi melakukan perekrutan anggota di Wonosobo. Pihak Kantor Kesbang, menurutnya juga masih berkoordinasi dengan jajaran kepolisian maupun TNI untuk melakukan pengawasan secara intensif. Kepada segenap warga masyarakat, Giyono juga mengimbau agar mereka tak segan melaporkan apabila menemukan adanya aktifitas tak biasa dan cenderung kearah negatif di sekitar lingkugan tempat tinggalnya. “Laporan dari masyarakat akan segera kami tindaklanjuti, sebagai upaya prefentif agar organisasi seperti Gafatar dan sejenisnya tidak meluas di Wonosobo,” kata Giyono.


Senada, Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Eko Riyanto Setia Adi juga mengungkap upaya prefentif demi mencegah masuknya ormas telah dilakukan, bahkan sampai ke tingkat anak-anak usia dini. “Pembinaan mental dan karakter sengaja kami gelar sampai ke anak-anak di beberapa TK di Wonosobo agar mereka belajar memahami apa yang menjadi kewajiban seorang warga Negara,” terang Eko. Selain kepada anak-anak, secara periodik Eko juga menyebut upaya pencegahan masuknya ideologi sesat disosialisasikan pula kepada kalangan pelajar hingga orang tua siswa. Kantor Kesbangpol, dikatakan Eko juga akan berupaya  memaksimalkan keberadaan intelijen daerah dan sinergi dengan jajaran TNI maupun Polri demi menjaga agar organisasi-organisasai terlarang tak memasuki Wonosobo.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top