Peternakan Dombos di Surengede
 WONOSOBOZONEPotensi ekonomi menggiurkan domba jenis texel, yang di kawasan Dieng lebih dikenal dengan Dombos alias Domba Wonosobo rupanya menarik jajaran Komisi II DPRD Kabupaten Purbalingga. Demi menjajaki kemungkinan mengembangbiakkan hewan berbulu tebal tersebut di Purbalingga, Selasa (12/1) mereka pun berkunjung ke Surengede, Kejajar. Di sela acara penerimaan di Ruang Cokrohadisuryo Setda, Ketua Komisi II DPRD Purbalingga Aris Widiarso mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja menggelar kunjungan kerja ke Wonosobo demi memastikan bahwa dombos bisa diternak di Purbalingga. “Kunjungan ini juga agar kami lebih paham sejauh mana peran pemerintah daerah dalam mendorong kelompok ternak, termasuk di tataran regulasi terkait badan hukum kelompok ternak,” terang Aris.

Lebih lanjut, Aris juga menjelaskan kedatangan ke Wonosobo memiliki kaitan erat dengan bagaimana kelompok ternak yang mengembangkan Dombos di kawasan Dieng mengakses bantuan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. “Apakah sudah ada kelompok yang memiliki badan hukum sehingga secara legal bisa memperoleh bantuan dari pemerintah atau belum,” tanya Aris. Untuk memperoleh keterangan lebih jelas, Aris juga mengaku telah mengajak serta jajaran Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purbalingga untuk turut dalam kunjungan ke Wonosobo. “Disnakkan kami ajak serta agar nanti mereka juga mengetahui secara langsung bagaimana pengembangbiakan Dombos secara benar,” lanjut Aris.

Keinginan rombongan legislator beserta jajaran Disnakkan Purbalingga untuk mempelajari Dombos mendapat tanggapan positif dari Asisten Ekonomi Pembangunan Setda, Amin Suradi. Menurut Amin, peternakan Dombos di kawasan Dieng memang telah menunjukkan hasil cukup menggembirakan. “Populasi ternak domba Wonosobo di kawasan Dieng terus menunjukkan peningkatan, dan sampai saat ini telah mencapai tak kurang dari 150.000 ekor,” jelas Amin. Dombos sendiri, dikatakan Amin memiliki sejarah unik, mengingat namanya diberikan langsung oleh Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono ketika berkunjung ke Wonosobo. “Seiring waktu, minat peternak untuk mengembangbiakkan Dombos juga semakin meningkat, karena selain memiliki nilai jual tinggi, perawatan juga tidak menyulitkan,” pungkas Amin.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top